Sonora.ID - Soal tes substantif PPG Prajabatan menjadi salah satu tahapan seleksi PPG Prajabatan 2024.
Peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes substantif PPG Prajabatan.
Adapun tes substantif PPG Prajabatan dilaksanakan pada 3-7 Juni 2024.
Agar bisa sampai ke tahap wawancara, setiap peserta harus lolos tes substantif PPG Prajabatan.
Contoh soal tes substantif PPG Prajabatan akan membantu peserta mengetahui jenis atau materi ujian.
Berikut ini 40 contoh soal tes substantif PPG Prajabatan 2024 dan kunci jawabannya dikutip dari berbagai sumber.
1. Dalam pembelajaran di kelas, terdapat beberapa siswa yang mampu menentukan banyaknya titik sudut pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya.
Potensi siswa tersebut dari aspek kecerdasan tergolong dalam kecerdasan...
A. Kinestetik
B. Spasial - visual
C. Matematika - logis
D. Intra personal
Jawaban: B
2. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada ...
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
E. Kemampuan belajar
Jawaban: C
Baca Juga: 35 Contoh Soal UP PPG Daljab 2024 dan Kunci Jawabannya untuk Belajar
3. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini …
A. Intake Siswa
B. Tingkat kesulitan
C. Sarana pendukung
D. Bakat dan Minat siswa
E. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
Jawaban: B
4. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
A. Fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
B. Fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
C. Fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
D. Fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
E. Konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
Jawaban: B
5. Seorang guru menuliskan indikator pembelajaran menunjukkan sikap jujur. Guru akan mengukur reaksi perilaku siswa menanggapi contoh perilaku tidak jujur (bertindak curang dengan mencontek).
Siswa diminta untuk menunjukkan reaksinya bagaimana tindakan saat “mengakui kesalahan” guru harus mampu menyusun contoh penilaian karakter tindakan jujur terhadap “mengakui kesalahan” indikator perilaku dan kategori capaian perkembangannya.
Alat penilaian yang sesuai adalah.....
A. Lembar observasi
B. Portofolio hasil kegiatan
C. Tes tentang sikap jujur
D. Pengamatan perilaku
E. Wawancara dengan siswa tentang perilaku jujur
Jawaban: A
6. Tenda belajar bermakna pada matematika (meaningful theory) mendukung penggunaan benda untuk dimanipulasi sehingga siswa dapat memahami dari konsep dan keterampilan baru seperti contoh berikut...
A. Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan contoh tiga mangga, tiga balon, tiga pensil
B. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan mengajak siswa menyebutkan secara verbal
C. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan menuliskan simbol angka 3
D Guru mengenalkan bilangan 3 dengan menggunakan gambar tiga mangga, tiga balon, tiga pensil
Jawaban: A
7. Bambang merupakan salah satu peserta didik di sebuah sekolah. Dia selalu ketinggalan pelajaran mengarang sebab tidak memiliki buku tulis yang cukup.
Dia hanya memiliki satu buku untuk semua catatan pelajarannya sehingga campur dengan mata pelajaran lain. Hal ini karena kondisi ekonomi sejak kedua orang tuanya meninggal dunia.
Saat ini Bambang yatim piatu. Dori sebagai teman satu meja secara diam-diam memberikan kado buku tulis 1 lusin kepada Bambang.
Tindakan yang dilakukan Dodi tersebut merupakan salah satu bentuk keberhasilan pembelajaran dalam menanamkan nilai karakter khususnya karakter.....
A. Tanggung jawab
B. Rajin
C. Peduli
D. Cinta lingkungan
E. Pemaaf
Jawaban: C
8. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan …
A. Kompetensi dasar
B. Standar kompetensi
C. Indikator
D. Metode pembelajaran
E. Sumber belajar
Jawaban: A
9. Menurut Piaget, tahap perkembangan intelektual siswa sekolah menengah termasuk ke dalam tahap …
A. sensorik motorik
B. pra-operasional
C. operasional konkret
D. operasional formal
Jawaban: D
Baca Juga: 20 Soal SJT PPG Daljab 2023 dan Kunci Jawabannya untuk Bahan Belajar
10. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010- 2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima.
Salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali …
A. ICT Sebagai Substansi Pendidikan
B. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan
C. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan
D. Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa
Jawaban: D
11. Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan
Jawaban: A