Contoh Deskripsi Dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam Raport

13 Juni 2024 15:18 WIB
Kumpulan contoh deskripsi dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam raport
Kumpulan contoh deskripsi dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam raport ( Pixabay)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kumpulan contoh deskripsi dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam raport.

Profil pelajar Pancasila diketahui merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. 

Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. 

Profil pelajar Pancasila (P3) ini terdiri dari 6 dimensi, yaitu: 

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Mandiri.
  3. Bergotong-royong.
  4. Berkebinekaan global.
  5. Bernalar kritis.
  6. Kreatif.

Keenam dimensi profil pelajar Pancasila perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Berikut ini pun kumpulan contoh deskripsi dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam raport, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Surat Undangan Pengambilan Raport Semester 2 Untuk SD, SMP, SMA

Contoh Deskripsi Dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3) Kurikulum Merdeka dalam Raport

(1) Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

  • Anto Biasanya melakukan ibadah sesuai dengan ajaran agama/kepercayaannya.
  • Iis dapat mengenali simbol-simbol agamanya dengan baik.
  • Putu dapat/sering mengikuti ritual keagamaannya dengan baik.
  • Dewi dapat mengetahui dan memahami kitab suci dengan baik.
  • Erna Mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa Dia Maha Esa dan Dia Maha Pengasih dan Penyayang Pencipta serta mengakui kebaikannya sebagai cerminan sifat Tuhan.
  • Ari dapat mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan.
  • Uus dapat mengidentifikasi hak dan kewajibannya di rumah, sekolah dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

(2) Mandiri

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm