Gandeng Boboca Diving Club, PLN Konsisten Perkuat Konservasi Terumbu Karang

21 Juni 2024 13:37 WIB
Sejumlah penyelam dari Boboca Diving Club dan Pegawai PLN termasuk di dalamnya General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo Patar Situmorang saat menyelam untuk melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang di dasar laut PLN Dive Point yang berlokasi di Pantai Malalayang, Manado (21/06).
Sejumlah penyelam dari Boboca Diving Club dan Pegawai PLN termasuk di dalamnya General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo Patar Situmorang saat menyelam untuk melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang di dasar laut PLN Dive Point yang berlokasi di Pantai Malalayang, Manado (21/06). ( )

Sonora.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado kembali mewujudkan upaya pelestarian lingkungan khususnya ekosistem laut, melalui kegiatan konservasi terumbu karang berupa pembuatan artificial reef di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara.

Bantuan konservasi terumbu karang diserahkan secara simbolis oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, Patar Situmorang didampingi Manager PLN UP3 Manado, Mulke Tumanken kepada Nelson Uada mewakili Boboca Diving Club Manado yang mengelola artificial reef di PLN Dive Point yang berlokasi di Pantai Malalayang, Manado.

Patar Situmorang mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya terumbu karang bagi ekosistem laut. Terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai spesies laut dan berperan penting dalam melindungi garis pantai dari abrasi serta mendukung industri pariwisata dan perikanan.

“Sasaran kegiatan pelestarian terumbu karang ini selain untuk meningkatkan jumlah ikan yang berdampak pada kenaikan ekonomi nelayan, juga untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap sektor pariwisata,” kata Patar.

Kegiatan konservasi terumbu karang yang dilakukan oleh PLN ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN dalam mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG’s) khususnya ekosistem laut. Selain itu, kegiatan ini juga sejalan dengan konsep Ekonomi Biru yang merupakan pendekatan inovatif untuk memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan demi mendukung pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ekonomi Biru mengedepankan tiga prinsip utama, yaitu 3P: People, Profit, dan Planet. Dalam menciptakan keberlanjutan bisnis, PLN selalu mengedepankan aspek kesetaraan sosial melalui pengembangan masyarakat (People) dan menjaga kelestarian lingkungan (Planet) di sekitar wilayah operasional. Hal ini tidak hanya semata-mata mengedepankan keuntungan finansial (Profit) yang dicapai dalam kegiatan operasionalnya.

“Selain berfungsi sebagai rumah bagi berbagai jenis biota laut, terumbu karang juga berperan penting dalam mengurangi emisi karbon di atmosfer. Terumbu karang mampu menyerap karbon dioksida dari air laut, sehingga membantu mengurangi kadar karbon di udara,” tambah Patar.

PLN sangat mendukung setiap inisiatif dan kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan. Kerja sama dengan Boboca Diving Club dalam kegiatan konservasi terumbu karang ini merupakan salah satu langkah konkret yang diambil untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Nelson Uada, mewakili Boboca Diving Club Manado, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada PLN atas komitmennya dalam memperhatikan konservasi terumbu karang.

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN yang terus mendukung konservasi terumbu karang. Dukungan ini tidak hanya membantu menjaga ekosistem laut, tetapi juga mendukung perekonomian pariwisata laut di Manado. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” ujar Nelson.

Tag:
Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm