Sonora.ID - Simak cintoh soal AKG Kemenag 2024 Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) berikut ini.
Contoh soal AKGTK Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya untuk memudahkan berlatih soal.
Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah tahun 2024 ini bagian dari program Madrasah Education Quality Reform (MEQR).
Diketahui AKGTK dilaksanakan pada 24-26 Juni 2024 dan dilaksanakan secara daring di Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) yang berlokasi di satuan pendidikan madrasah terdekat di Kabupaten/Kota masing-masing.
Sebagai referensi, Sonora.ID merangkum Contoh soal AKGTK Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) 2024 berikut ini:
Kompetensi Pedagogik
1. Menguasai Karakteristik Peserta Didik
Soal: Seorang guru MI harus memahami bahwa anak-anak usia 7-12 tahun berada dalam tahap perkembangan:
a. Sensorimotor
b. Praoperasional
c. Operasional konkret
d. Operasional formal
Jawaban: C
2. Menguasai Teori Belajar
Soal: Menurut teori belajar Vygotsky, istilah "zona perkembangan proksimal" merujuk pada:
a. Rentang tugas yang dapat dilakukan anak secara mandiri
b. Rentang tugas yang dapat dilakukan anak dengan bantuan orang dewasa atau teman sebaya
c. Rentang tugas yang tidak dapat dilakukan anak sama sekali
d. Rentang tugas yang mudah dilakukan anak tanpa bantuan
Jawaban: B
3. Mengembangkan Kurikulum
Soal: Dalam pengembangan kurikulum MI, penting untuk memasukkan kegiatan yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Contoh kegiatan yang tepat adalah:
a. Menghafal fakta-fakta sejarah
b. Diskusi kelompok mengenai isu-isu lingkungan
c. Membuat prakarya sederhana
d. Berolahraga di lapangan
Jawaban: B
Baca Juga: 20 Contoh Soal Kalimat Opini dan Fakta, Lengkap dengan Jawabannya
4. Menyelenggarakan Pembelajaran yang Mendidik
Soal: Untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa, guru dapat menggunakan metode:
a. Ceramah
b. Diskusi kelompok
c. Bercerita (storytelling)
d. Demonstrasi
Jawaban: C
5. Memanfaatkan Teknologi Informasi
Soal: Guru menggunakan platform e-learning untuk memberikan tugas dan materi pembelajaran. Keuntungan utama dari penggunaan teknologi ini adalah:
a. Mengurangi interaksi tatap muka dengan siswa
b. Mempermudah akses materi pembelajaran bagi siswa
c. Meningkatkan beban kerja guru
d. Mengurangi biaya operasional sekolah
Jawaban: B