15 Soal AKG Sains MI Tahun 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

25 Juni 2024 11:59 WIB
Kumpulan contoh soal AKG Sains MI 2024 lengkap dengan kunci jawabannya.
Kumpulan contoh soal AKG Sains MI 2024 lengkap dengan kunci jawabannya. ( Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kumpulan contoh soal AKG bidang Sains MI tahun 2024 dan kunci jawabannya.

Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program Madrasah Education Quality Reform (MEQR).

AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024, dan wajib diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

AKGTK ini dilaksanakan secara daring di Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) yang berlokasi di satuan pendidikan madrasah terdekat di Kabupaten/Kota masing-masing.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi akan menentukan TAK yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan AKGTK dan mencatatkannya di SIMPATIKA.

Terkait dengan hal ini di bawah ini kumpulan contoh soal Sains MI 2024 dan kunci jawabannya yang dapat Anda jadikan sebagai bahan belajar, dikutip dari berbagai sumber.

Soal AKG Sains MI Tahun 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Soal 1

Bu Santi hendak membelajarkan materi gelombang bunyi di kelas sekaligus ingin melakukan PTK. Pada pembelajaran yang pernah dilakukannya banyak siswa yang tidak dapat mencapai KKM. 

Ia bingung masalah apa yang hendak diangkat dalam penelitian. Bu Santi mencoba membuat pertanyaan refleksi terhadap pembelajarannya. 

Contoh pertanyaan yang dapat membantu Bu Santi mengidentifikasi masalah PTKnya adalah ...

  • Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perambatan bunyi?
  • Apakah strategi pemberian tugas dan jenis bahan pelajaran yang diberikan dalam pembelajaran gelombang bunyi cukup menantang siswa?
  • Bagaimana cara membuktikan hubungan antara medium perambatan dan kecepatan merambat bunyi?
  • Apakah kebiasaan sarapan pagi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran gelombang bunyi?
  • Bagaimana cara mendemonstrasikan gejala perambatan gelombang bunyi pada benda padat?

Jawaban: Apakah strategi pemberian tugas dan jenis bahan pelajaran yang diberikan dalam pembelajaran gelombang bunyi cukup menantang siswa?

Soal 2

Untuk menyelidiki pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan tanaman maka seorang siswa MI/SD melakukan percobaan dengan menanam beberapa biji kacang hijau yang diambil dari tanaman kacang hijau varietas tertentu pada 3 media tanam yang sama. 

Media tanam tersebut diletakkan di kamar, di halaman, dan di ruang tamu. Setiap hari pada jam 11.00 siswa mengamati pertambahan panjang batang dalam tiga media tanam yang diletakkan pada lokasi yang berbeda tersebut.

Berdasarkan kegiatan tersebut, yang menjadi variabel terikat adalah ... .

Jawaban: pertambahan panjang batang

Soal 3

Besi yang dibiarkan di ruang terbuka akan mudah berkarat. Hal ini disebabkan oleh ... .

Jawaban: udara mengandung partikel air yang dapat bereaksi dengan besi

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm