BKKBN: 11,75 Persen Penduduk Indonesia Lansia, 130 Di Antaranya Naik Panggung Wisuda Sekolah Lansia

26 Juni 2024 07:41 WIB
BKKBN gelar Wisuda Sekolah Lansia di Ungaran, Jawa Tengah
BKKBN gelar Wisuda Sekolah Lansia di Ungaran, Jawa Tengah ( Dok BKKBN)

Ungaran,Sonora.Id – Senyum haru mewarnai wajah sejumlah lansia yang masih saja tangguh meski memasuki usia senja. Tergambar jelas semangat mudanya ketika satu per satu dari mereka menaiki panggung Wisuda Sekolah Lansia yang digelar BKKBN sebagai rangkaian dari Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tahun 2024, di Pendopo Kabupaten Semarang, Selasa (25/07/2024).

“Lansia ini di usia senjanya tetap menjadi lansia yang tangguh, smart, sehat, mandiri, aktif, produktif, dan bermartabat. Artinya, walaupun usia sudah lanjut tapi mereka tetap bermanfaat untuk berkontribusi kepada negara,” kata Deputi bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), Nopian Andusti, SE, MT, yang mewakili Kepala BKKBN, dokter Hasto, untuk secara resmi mewisuda para lansia tersebut.

Nopian menyebut adanya potensi bagi para lansia untuk menjadi penduduk rentan apabila dibiarkan tanpa bimbingan. “Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan mereka agar menjadi lansia tangguh, walaupun meningkat jumlahnya tidak menjadi beban negara. Kita harapkan sekolah lansia ini menjadi suatu wadah dengan pendekatan pendidikan sepanjang hayat, dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, 7 Dimensi Lansia Tangguh,” jelas Nopian.

Perlu diketahui bahwa jumlah lansia terus meningkat setiap tahun. Bahkan sejak 2021, Indonesia telah memasuki struktur penduduk tua (ageing population), di mana sekitar 1 dari 10 penduduk adalah lansia. Data Susenas Maret 2023 menunjukkan bahwa sebanyak 11,75 persen penduduk Indonesia adalah lansia.

Sejak tahun 2023, BKKBN mengembangkan bekerjasama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) dalam upaya melakukan pemberdayaan lansia melalui integrasi Sekolah Lansia di Bina Keluarga Lansia (SL-BKL). Ini dilakukan melalui kolaborasi pentahelix antara IRL, BKKBN, Komunitas Lansia, koperasi dan masyarakat.

Sekolah Lansia adalah model pendidikan non formal bagi lanjut usia dengan menerapkan kurikulum terpadu yang memanfaatkan latihan, permainan, dan senam untuk memberikan pengetahuan kepada peserta terkait bagaimana menjaga kemandirian dan mencegah penyakit degeneratif.

“Dari Sekolah Lansia kita menggali kemampuan para lansia. Banyak sekali lansia yang sebetulnya produktif, mereka masih bisa menyumbangkan ilmunya, masih bisa menyumbangkan tenaganya. Tapi karena tidak diberi ruang dan kesempatan sehingga tertutup. Kita harus 'explore',” kata Nopian.

Dirinya mencontohkan kondisi lansia di negara maju seperti Singapura yang masih tetap bekerja. “Mereka bekerja sesuai kemampuan mereka. Ada yang bekerja di rumah sakit untuk mendorong kursi roda, 'cleaning service'. Artinya, di usia tua mereka tetap produktif. Kita ingin menuju ke arah sana sebetulnya. Seringkali para lansia merupakan orang-orang yang hebat pada masanya. Ketika mereka sudah purna mereka berhenti dan istirahat di rumah. Padahal ilmu mereka masih bisa dimanfaatkan,” tambah Nopian.

Dari tahun 2022 hingga tanggal 21 Juni 2024, sudah terbentuk sebanyak 757 Sekolah Lansia di seluruh Indonesia. Di Jawa Tengah sendiri, memecah rekor dengan terbentuknya 177 Sekolah Lansia dengan jumlah siswa yang sudah diwisuda pada standar 1 sebanyak 2.613 orang dan standar 2 sebanyak 455 orang. “Luar biasa, lebih dari 30 persen itu (sekolah lansia) ada di Jawa Tengah,” puji Nopian.

“Pada tahun 2024 diharapkan minimal terbentuk satu Sekolah Lansia baru pada setiap kabupaten/kota, terutama yang belum memiliki Sekolah Lansia. Selain itu, data potensi, siswa, dan aktivitas belajar di Sekolah Lansia wajib dilaporkan pada Aplikasi Go Lansia Tangguh (GoLantang),” tukas Nopian.

● Potret Sekolah Lansia Semarang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm