40 Contoh Soal KSM Biologi MA 2024, Lengkap dengan Jawabannya

27 Juni 2024 12:16 WIB
Ilustrasi 30 Contoh Soal KSM Biologi MA 2024, Lengkap dengan Jawabannya
Ilustrasi 30 Contoh Soal KSM Biologi MA 2024, Lengkap dengan Jawabannya ( Pexels)

Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal KSM Biologi MA 2024, lengkap dengan kunci jawabannya yang bisa dijadikan latihan di rumah.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah.

Meski dari namanya ditunjukkan untuk siswa madrasah, tetapi siswa dari satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA pun bisa mendaftar.

Secara umum, materi yang diperlombakan itu cukup banyak yang salah satunya biologi.

Berlatih contoh soal KSM Biologi MA bisa menjadi salah satu cara mempersiapkan diri sebelum menghadapi tes yang sesungguhnya.

Namun perlu diingat, ini hanyalah contoh soal KSM Biologi MA, sehingga sangat mungkin berbeda dengan soal yang asli.

Baca Juga: 30 Contoh Soal KSM Ekonomi MA 2024, Lengkap dengan Jawabannya 

1. Jafar dan Ulfa adalah sepasang suami istri yang memiliki seorang anak bernama Ayyub. Ulfa bergolongan darah A. Jafar tidak tahu golongan darahnya, namun ia mengetahui bahwa ayah dan bundanya bergolongan darah B. Jafar dan Ulfa kebingungan karena anak mereka bergolongan darah O, sehingga menjadi penyebab keretakan keluarga. Ulfa berusaha keras untuk mempertahankan keutuhan keluarga dengan berkonsultasi kepada ahli. Alhamdulillah, setelah berkonsultasi dengan teman yang mengetahui tentang genetika. Manakah dari pernyataan berikut yang menjelaskan hal ini?

A. Ulfa bergenotip A|A dan Jafar bergenotip O|O, sehingga anak mereka berfenotip O
B. Ulfa bergenotip A|O dan Jafar bergenotip B|B, sehingga anak mereka berfenotip O
C. Ulfa bergenotip A|A dan Jafar bergenotip B|B, sehingga anak mereka berfenotip O
D. Ulfa bergenotip A|O dan Mustofa bergenotip B|O, sehingga anak mereka berfenotip O

Jawaban: D

2. Islam mengatur tentang pernikahan dalam surat An-Nisa ayat 22 dan 23. Abdul yang menderita buta warna dan carier terhadap thalassemia menikah dengan sepupu perempuannya, Rina yang mempunyai carrier buta warna dan juga menderita thalassemia. Hasil pemeriksaan USG kemungkinan besar mereka memiliki anak perempuan. Berapa persen anak perempuan mereka akan carrier buta warna dan menderita thalassemia?

A. 12.5%
B. 25%
C. 37.5%
D. 50%

Jawaban: A

3. Allah SWT menciptakan makhluk hidup sesuai kehendaknya dan ada manusia yang menderita sakit, baik penyakit ringan dan berat sebagai ujian kesabaran bagi mereka. Salah satu penyakit yang tidak mematikan akan tetapi relatif umum ditemukan adalah penyakit buta warna. Sebuah penelitian buta warna dilakukan pada desa tersebut dan ditemukan sebanyak 80% pria normal. Lalu berapa % di antara wanita dari desa tersebut yang tergolong pada kelompok buta warna dan normal?

A. 10%
B. 20%
C. 40%
D. 64%

Jawaban: C

4. Pernyataan mana yang paling akurat untuk mencerminkan tentang "fitness" yang diartikan para ahli genetika dari "populasi"?

A. ukuran kontribusi genotipe terhadap kumpulan gen generasi berikutnya
B. mencerminkan jumlah pasangan yang dipilih oleh masing-masing individu populasi.
C. mengacu pada kesehatan relatif setiap individu dalam populasi.
D. Ukuran kemampuan beradaptasi suatu organisme terhadap berbagai habitat.

Jawaban: A

5. Perkembangan bioteknologi modern dalam memanfaatkan organisme pada tingkat seluler atau molekul, antara lain: kultur jaringan, transgenik, dan cloning. Jika populasi tanaman semusim dikembangkan terus menerus melalui kultur jaringan secara turun temurun, maka dampak yang bisa terjadi adalah..

A. kualitas tanaman menurun akibat usia sel-sel memasuki masa tua.
B. Sel-sel selalu mengalami perubahan sampai mengalami fase tiidak produktif.
C. Reproduksi menurun karena gen-gen unggul tergeser.
D. Gen-gen dominan termutasi menjadi gen resesi.

Jawaban: C

6. Al-Qur'an Surat Al-Waqi'ah ayat 62-65 menyatakan Allah SWT dengan kehendaknya dapat menumbuhkan benih-benih yang terdapat di tanah. Dalam kehidupan nyata dapat terlihat akan terjadi proses pembentukan hutan dari ladang jagung yang terbengkalai yang dikenal sebagai....

A. Suksesi primer
B. Suksesi sekunder
C. Kompetisi antartumbuhan
D. Perubahan ekosistem

Jawaban: B

7. Metabolisme merupakan proses mendapatkan energi dan memecah senyawa kompleks oleh makhluk hidup. Produk metabolisme ini seringkali dikonsumsi oleh manusia. Perhatikan alur proses metabolisme di bawah ini. Di antara proses tersebut, manakah yang kemungkinan besar menghasilkan produk bersifat syubhat bagi konsumsi manusia?

A. Metabolisme aerob lipid
B. Metabolisme anaerob oleh bakteri
C. Metabolisme anaerob oleh ragi
D. Metabolisme aerob karbohidrat

Jawaban: D

8. Seorang anak dapat menghapal Al-Qur’an melalui metode mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an secara berulang-ulang, walaupun anak tersebut belum bisa membaca huruf hijaiyah. Metode ini sering kita dengar dengan istilah Talaqi. Proses tersebut juga dapat ditemukan pada perilaku burung, dimana banyak anak burung yang mengikuti suatu pola suara induknya. Perilaku burung tersebut dinamakan.

A. Conditioning
B. Imprinting
C. Trial and error learning
D. Social learning

Jawaban: B

9. Limfosit merupakan salah satu sel yang berperan dalam sistem imun. Limfosit memproduksi protein seperti limfokin yang diekspor ke luar sel. Kita bisa melacak jalur yang dilalui protein ini mulai dari produksinya sampai ekspornya dengan cara memberi label pada protein tersebut oleh isotop radioaktif. Urutan struktur berikut ini yang akan terlabeli oleh radioaktif dalam peristiwa di atas adalah ....

A. Badan golgi – retikulum endoplasma kasar – membran plasma
B. Nukleus – retikulum endoplasma kasar – membran plasma
C. Nukleus – Badan golgi – retikulum endoplasma halus
D. Retikulum endoplasma kasar – badan golgi – membran plasma

Jawaban: B

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm