Disnaker Kota Batu Siapkan Pelatihan Berbasis Kompetensi Gratis

28 Juni 2024 11:15 WIB
( )

Sonora.ID - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batu kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja lokal dengan membuka serangkaian pelatihan berbasis kompetensi secara gratis.

Program pelatihan kali ini dibuka untuk enam bidang yaitu pembuatan roti dan kue, teknik komputer jaringan, fotografi, membatik, servis sepeda motor injeksi serta handicraft.

Pelatihan pembuatan roti dan kue ini bertujuan untuk memberikan keterampilan praktis pada calon pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ataupun yang ingin memiliki bisnis kuliner sehingga dapat langsung diterapkan di dunia kerja, terlebih lagi Kota Batu adalah kota berbasis pariwisata yang memiliki potensi dalam bidang kuliner.

Baca Juga: 100 UMKM Unggulan Jabar Siap Ramaikan KKJ - PKJB Ke - 6

Hal ini dibuktikan dengan data dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, serta Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu  per Maret 2024 terdapat sekitar 24 ribu unit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tersebar di Kota Batu.

Hal ini bisa membuka potensi peluang bisnis dan pertumbuhan ekonomi di kota apel tersebut.

Untuk pelatihan fotografi ditujukan bagi mereka yang ingin mengembangkan keterampilan dalam mengambil gambar secara profesional dengan para ahlinya, peserta akan diajarkan teknik dasar dalam fotografi termasuk komposisi, pencahayaan, dan pengeditan foto.

Dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) peserta akan mempelajari dasar - dasar dalam perakitan komputer, instalasi perangkat lunak, serta pengaturan dan pemeliharaan jaringan.

Pelatihan ini sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini karena dunia industri mayoritas sudah berbasis teknologi.

Pelatihan Membatik bertujuan untuk mengembangkan Batik Batu dan memunculkan pembatik baru yang handal sehingga memunculkan variasi batik khas Kota Batu dengan desain yang menarik dan diterima oleh masyarakat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm