Musim Libur, Jumlah Penumpang di Daop 2 Bandung Meningkat 30 Persen

29 Juni 2024 16:58 WIB
Musim Libur, Hingga Jumat Jumlah Penumpang Di Daop 2 Naik 30%
Musim Libur, Hingga Jumat Jumlah Penumpang Di Daop 2 Naik 30% ( )
 
Bandung, Sonora.ID - Pada periode libur sekolah, okupansi penumpang di PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (DAOP) 2 Bandung mengalami peningkatan sebesar 30%. 
 
"Okupansi penumpang selama musim libur, hingga Jumat ini, ada sekitar sebelasribuan orang yang menggunakan moda transportasi kereta api," papar Manager Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi usai kegiatan Sapa Pelanggan di Stasiun Bandung, Jumat (28/6/2024).
 
"Kalau di weekend biasa, okupansi itu sekitar delapanribuan. Jadi di momen ini ada peningkatan penumpang kurang lebih 30 persen. Namun kami prediksi persentase ini akan terus naik karena musim libur masih panjang," jelas Ayep.
 
Lebih lanjut Ayep menyebut, peningkatan ini karena masih tingginya minat dan kepercayaan masyarakat saat memanfaatkan liburan, menggunakan kereta api, baik untuk tujuan wisata maupun mudik ke kampung halaman. 
 
"Dari data kami, dominasi penumpang ini banyaknya ke arah Timur, dengan keberangkatan dari tiap stasiun, seperti dari Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Garut dan Stasiun Banjar," sebut Ayep.
 
 
Ayep juga mengatakan, untuk mengakomodir dan mengatisipasi lonjakan penumpang, DAOP 2 telah mengambil sejumlah langkah antisipatif, seperti menyediakan kereta tambahan. 
 
"Sebagai antisipasi lonjakan Kami siapkan 3 Perjalanan KA tambahan, seperti KA Lodaya Tambahan relasi Bandung - Solobalapan, KA Argo Parahyangan Tambahan relasi Bandung - Gambir, serta KA Argo Parahyangan tambahan relasi Bandung - Gambir,"  kata Ayep.
 
Secara keseluruhan, peningkatan okupansi penumpang ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api yang dianggap lebih nyaman, aman, dan efisien. 
 
Ditambah beragamnya inovasi pelayanan terhadap pelanggan, seperti salah satunya ada Sapa Pelanggan di Stasiun Bandung.
 
Sapa Pelanggan ini menghadirkan kesenian Tari Jaipong dan Mini Concert Piano yang dibawakan oleh petugas Frontliner di wilayah DAOP 2 Bandung. 
 
Selain itu ada permainan, pembagian susu dan merchandise kepada anak anak, Flashmob serta kegiatan lainnya yang melibatkan pelanggan KA. 
 
“KAI Daop 2 Bandung berharap aktivitas menarik tersebut dapat menambah pengalaman berkesan bagi para penumpang kereta api saat berada di lingkungan stasiun,” tutup Ayep.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm