7 Pidato Sambutan Peringatan Tahun Baru Islam, Singkat Mudah Dihafal

1 Juli 2024 15:15 WIB
Ilustrasi 7 Pidato Sambutan Peringatan Tahun Baru Islam, Singkat Mudah Dihafal
Ilustrasi 7 Pidato Sambutan Peringatan Tahun Baru Islam, Singkat Mudah Dihafal ( iStock)

Sonora.ID – Berikut beberapa teks pidato sambutan peringatan Tahun Baru Islam 2024, yang singkat dan mudah dihafal.

Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah adalah peringatan pergantian tahun dalam kalender Hijriah atau kalender umat Islam.

Tahun Baru Islam diperingati setiap tanggal 1 Muharam.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, tahun baru Islam 1446 Hijriah jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024 dan ditetapkan sebagai libur nasional.

Setiap tahunnya, peringatan tahun baru Hijriyah diisi dengan berbagai bentuk kegiatan syiar Islam. Ada yang menggelar pawai obor, tabligh akbar, hingga lomba-lomba islami.

Baca Juga: 3 Khutbah Jumat Menyambut Tahun Baru Islam 1446 H, Menyentuh Hati! 

Nah, apapun acara yang nantinya akan digelar, pasti akan ada sesi penyampaian pidato atau sambutan untuk membuka acara tersebut.

Dalam menyusun pidato sambutan peringatan Tahun Baru Islam sendiri, Anda akan membutuhkan referensi yang tepat.

Berikut 7 pidato sambutan peringatan Tahun Baru Islam singkat dan mudah dihafal yang sudah Sonora.ID rangkum untukmu.

1. Sambutan Tahun Baru Islam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bismillah alhamdulillah wassholatu wassalamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi wamawwalah, amma badu.

Bapak-bapak, Ibu-ibu yang saya hormati,

Di awal tahun baru Hijriyah ini marilah kita bersyukur kepada Allah Swt. dan meningkatkan iman serta takwa kepada-Nya sehingga kualitas pribadi kita sebagai orang islam semakin tinggi dan mulia di dunia dan di akhirat, amin.

Bapak, Ibu hadirin yang saya hormati,

Untuk menjalani kehidupan pada tahun ini kita harus menggunakan siasat yang mampu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

Kita harus memperhitungkan terhadap kepentingan hidup di masa yang akan datang terutama di akhirat dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.

Kita harus mau dan mampu melihat kesalahan dan dosa diri kita sendiri pada tahun yang lalu, kemudian kita bertobat dan memperbaiki diri dengan mengerjakan amal saleh.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 39, yang artinya:

"Maka barang siapa yang bertobat sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Kita harus menyadari bahwa setan itu musuh yang nyata bagi kita maka semua rayuan dan bujukan setan berupa minuman khamr, narkoba, judi, dan zina harus ditinggalkan karena merugikan dan menyengsarakan diri kita, baik di dunia maupun di akhirat.

Itulah tiga hal yang merupakan strategi yang harus kita laksanakan dalam menjalani hidup di tahun ini. Semoga Allah Swt. mengampuni dosa kita pada tahun yang lalu, meridai ibadah dan amal saleh kita, serta memberikan kesehatan dan umur panjang kepada kita dan keluarga sehingga dapat meningkatkan ibadah dan amal saleh pada tahun ini, amin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm