Bangun Kolaborasi, Bupati Ajak Berbagai Pihak Untuk Peduli Penanganan Sampah

1 Juli 2024 18:13 WIB
Pemerintah Kabupaten Berau.
Pemerintah Kabupaten Berau. ( Istimewa)

Berau, Sonora.ID - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024. Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih Mas meresmikan Bank Sampah Sukses Bersama di Kelurahan Bugis, pada Minggu (30/6/2024) pagi tadi.

Bangun Kolaborasi, Bupati Ajak Berbagai Pihak Untuk Peduli Penanganan Sampah.

Sebelum meresmikan, Bupati berbaur dengan masyarakat untuk melaksanakan senam pada agenda Car Free Day di sepanjang Tepian Ahmad Yani.

Bupati menyampaikan tema Hari Peduli Sampah Nasional 2024 ini adalah "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif". Tema ini menurutnya jadi petunjuk penting dalam prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan.

Yang mampu menyentuh sektor ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Dikatakannya, pengelolaan sampah plastik diposisikan sebagai penguat dan pendorong pertumbuhan perekonomian.

Lanjut disampaikannya, strategi ini diharapkan mampu membangkitkan pemberdayaan masyarakat. Ini diikuti dengan berkembangnya perekonomian dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

" Tentu ini selaras dalam mengurangi volume sampah masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)," tegasnya.

Ia juga menyampaikan, saat ini Kabupaten Berau masih menghadapi permasalahan krusial terkait pengelolaan sampah. Dimana jumlah sampah yang masuk ke TPA setiap tahun bertambah. Sementara kapasitas penimbunan di TPA Bujangga sudah melebihi kapasitas.

" Dalam pengelolaan kita harus saling berkolaborasi juga memerlukan strategi dari berbagai pihak dan masyarakat. Sehingga kita dapat mengurangi sampah yang masuk," ungkapnya.

Di sela sambutannya, Bupati meminta kepada jajaran DLHK agar agenda dapat dilaksanakan minimal satu bulan sekali.

Permintaan tersebut terkait dengan program atau kegiatan yang perlu dijalankan DLHK dalam menunjang kebersihan dan mengingatkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. (Adv / Pemkab Berau)

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm