Harisson Ingin Masyarakat Paham Gejala Rabies Pada Hewan

2 Juli 2024 09:25 WIB
Pj Gubernur Kalbar, dr. Harisson, M.Kes.
Pj Gubernur Kalbar, dr. Harisson, M.Kes. ( William)

Pontianak, Sonora.ID - Terkait dengan beredarnya informasi di media sosial yang menyebutkan sampai hari ini terdapat lima orang yang telah meninggal akibat gigitan hewan rabies di Provinsi Kalimantan Barat, Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson memberikan tanggapannya.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar jika ingin memelihara hewan penyebab rabies seperti kucing dan anjing agar segera divaksin. Ia menambahkan juga seharusnya juga hewan - hewan itu tidak dilepas liarkan begitu saja.

Harisson ingin agar masyarakat paham kira - kira mana hewan yang sudah bergejala dan mana yang tidak. Kalau sekiranya bergejala itu harus segera lapor kepada petugas sehingga tidak menggigit masyarakat yang ada di sekitarnya.

"Masyarakat yang ada di sekitar kalau misalnya mereka digigit oleh anjing atau hewan yang berpenyakit Rabies, sesegera mungkin harus ke petugas kesehatan atau pusat - pusat pelayanan skesehatan untuk mendapatkan pertolongan, "ungkapnya (1/7/2024).

Disamping itu lanjutnya, dia harus mengikuti prosedur seperti mencuci tangan yang terkena gigitan selama kurang lebih 15 menit di bawah air yang mengalir,kemudian diberi antiseptik untuk selanjutnya dibawa ke pusat pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Pentingnya Sistem OSS RBA Dalam Perizinan Bagi Pelaku Usaha

Harisson menekankan lagi agar siapa saja yang bila digigit anjing, kucing, atau kera masyarakat dianjurkan segera melapor ke petugas kesehatan.

Dia juga menyampaikan saat ini vaksin anti rabies sudah siap dan ia meminta Bupati/Wali Kota agar meminta ke Provinsi serta menjaga stok atau ketersediaan.

"Jangan sampai habis stoknya atau kosong di Puskesmas - Puskesmas maupun di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, "lugasnya.

PenulisWilliam
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm