Kemen PPPA Kawal Kasus Kekerasan terhadap Santriwati di Ponpes Lombok Barat

2 Juli 2024 14:07 WIB
( Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)


Sonora.ID - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengutuk keras terjadinya kasus kekerasan di lingkup pondok pesantren hingga menyebabkan hilangnya nyawa santriwati di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kemen PPPA, Nahar menegaskan pihaknya akan terus mengawal upaya pendampingan bagi keluarga anak korban dan mendorong Kepolisian dalam pengungkapan penyebab kematian anak korban.

“Kami berharap polisi dapat segera mengungkap penyebab kematian santriwati dalam kasus ini yang diduga karena menjadi korban perundungan di pondok pesantren dan menemukan para pelakunya. Pihak-pihak yang bertanggung jawab juga agar diperiksa untuk mencegah keberulangan perundungan di lembaga pendidikan yang menyebabkan anak menjadi korban dan meninggal dunia,” ujar Nahar dalam siaran pers yang diterima Sonora, Selasa (02/07/2024).

Nahar juga menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya santriwati Pondok Pesantren di Lombok Barat yang diduga merupakan korban perundungan.

Nahar mengungkapkan keprihatinan dengan kejadian perundungan terhadap anak di satuan pendidikan berasrama dalam kasus ini Pondok Pesantren.

Baca Juga: KemenPPPA Dukung Kepolisian Usut Tuntas Kasus Penemuan Mayat Perempuan di Koper

Bisa dibayangkan trauma dan ketakutan yang diderita korban yang menerima perundungan berupa kekerasan fisik.

Peran orang tua diperlukan untuk turut serta dalam berperan melindungi anaknya supaya tidak menjadi korban perundungan serta tenaga pendidik di lingkungan sekolah yang harus juga secara tegas mencegah perilaku perundungan tersebut.

Berkaitan dengan kondisi korban, Nahar mengatakan Kemen PPPA telah mendapatkan laporan melalui hotline SAPA 129 dari Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Provinsi Nusa Tenggara Barat yang telah berkoordinasi dengan pihak RSUD Selong untuk proses pemulangan jenazah anak korban ke rumah orangtuanya di Kabupaten Ende, dalam hal proses pemulangan jenazah anak korban ini.

“Kami juga berterima kasih atas respon cepat UPTD PPA Provinsi Nusa Tenggara Barat dan UPTD PPA Kab. Lombok Timur yang segera melakukan koordinasi terkait kronologis dan kondisi korban yang dikabarkan masih sempat sadar hingga meninggal dunia. Kami mendapatkan informasi bahwasanya kasus ini tengah dalam penyidikan Polresta Mataram untuk dapat mengungkap penyebab kematian anak korban. Saat ini Kemenpppa telah memfasilitasi proses pemulangan jenazah anak korban dari Lombok ke kampung halamannya di Ende, Nusa Tenggara Timur, yang telah dilakukan pada hari Sabtu ( 29/6) dan korban telah dimakamkan di Ende pada hari ini (1/7),” ungkap Nahar.

Nahar mengatakan saat ini, UPTD PPA Provinsi Nusa Tenggara Barat dan UPTD PPA Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama-sama dengan stakeholder terkait siap memberikan bantuan yang dibutuhkan keluarga anak korban termasuk bantuan hukum, pendampingan psikosial bahkan rumah aman sementara bagi orangtua anak.

Nahar kembali mengajak semua masyarat apabila mengalami, mendengar, melihat, atau mengetahui kasus kekerasan terhadap perempun dan anak untuk berani mengungkap kasus kekerasan yang terjadi. Masyarakat dapat melaporkan kasus kekerasan melalui call center Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 dan WhatsApp 08111 129 129.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm