Universitas Terbuka Gelar Lomba Esai 2024, Menginspirasi Lewat Tulisan

2 Juli 2024 15:19 WIB
Universitas Terbuka kembali menyelenggarakan Lomba Esai 2024
Universitas Terbuka kembali menyelenggarakan Lomba Esai 2024 ( Dok UT)

Tangsel,Sonora.Id - Universitas Terbuka kembali menyelenggarakan Lomba Esai 2024 untuk seluruh siswa dan siswi SMA/SMK/MA dan sederajat baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Lomba Esai Universitas Terbuka 2024 diselenggarakan untuk memberikan kesempatan berharga bagi para peserta untuk mengembangkan keterampilan menulis secara mendalam serta mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. 

Pada tahun ini, tema lomba yang dipilih adalah ‘Pendidikan Tanpa Batas Menuju Generasi Emas Berkualitas’. Melalui tema ini, diharapkan bisa menggugah inisiatif dan imajinasi para peserta dalam menggambarkan ranah pendidikan secara luas dan sistematik dan tidak terbatas sebagai sarana utama mewujudkan jalan Indonesia Emas yang mandiri serta berdaya saing tinggi. 

Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D mengatakan, melalui lomba esai Universitas Terbuka 2024 ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda dalam mengoptimalkan potensi mereka di bidang akademik. Lomba ini juga menjadi kesempatan bagi siswa SMA/SMK/MA dan sederajat untuk mendapatkan pengetahuan metakognitif dari hasil dari penulisan esai yang dapat membantu meningkatkan kualitas tulisan mereka secara keseluruhan.

“Banyak siswa - siswi memiliki bakat menulis salah satunya menulis esai tetapi tidak tahu bagaimana menyalurkan bakat menulis mereka. Oleh karena itu, dengan adanya Lomba Esai Universitas Terbuka 2024 memberikan kesempatan berharga bagi pesertanya untuk mengembangkan keterampilan menulis secara mendalam Melalui proses penulisan esai yang terstruktur, peserta dapat melatih kemampuan mereka dalam merumuskan gagasan, menyusun argumen yang kuat, dan mengorganisir informasi dengan baik,” ucap Prof. Ojat Darojat.

Sementara itu Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UT Dra. Yusrafiddin., M.Pd mengatakan, Lomba Esai Universitas Terbuka 2024 ini diselenggarakan pada 1 Juni 2024 sampai 20 Agustus untuk pengiriman naskah, kemudian dilanjutkan dengan proses penjurian pada tanggal 21 sampai 27 Agustus 2024. Lalu, pada 4 September 2024 akan dilakukan pengumuman pemenang. Melalui partisipasi dalam Lomba Esai Universitas Terbuka 2024 peserta akan mendapatkan hadiah berupa Dana Apresiasi, Beasiswa Pendidikan, dan Sertifikat. 

“Kegiatan ini akan menjadi kesempatan emas bagi peserta didik terutama siswa/siswi kelas XI dan XII. Tindakan ini tidak hanya bertujuan untuk menghargai prestasi mereka dalam lomba, tetapi juga untuk mendorong pengembangan potensi akademik mereka di masa depan dengan memberikan bantuan dukungan pendidikan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Dra. Yusrafiddin., M.Pd mengajak kepada seluruh siswa-siswi SMA/SMK/MA dan sederajat untuk mengikuti lomba esai Universitas Terbuka 2024 dengan mengirimkan karya tulis terbaiknya. Lomba Esai Universitas Terbuka 2024 dibuka dengan mengisi data diri dan mengirimkan naskah pada website lombaesai.ut.ac.id atau lombaesaiut.com. Syarat dan ketentuan untuk pendaftaran pun cukup mudah, peserta juga dapat mendaftar secara individu maupun kelompok, tanpa dipungut biaya apapun. Untuk informasi lebih lanjut peserta dapat mengikuti instagram @lombaesai.ut maupun mengunjungi website lomba mereka.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm