Pemkab Sintang Gelar Operasi Katarak Gratis di RSUD AM Djoen Sintang

3 Juli 2024 14:36 WIB
( Diskominfo Kab Sintang)

Sintang, Sonora.ID - Pemerintah Kabupaten Sintang berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta, PT. Erlangga Edi Laboratories (Erela) dan Bank Danamon untuk melaksanakan bakti sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat Kabupaten Sintang selama 3 hari di RSUD AM Djoen Sintang.

Edy Harmaeni Kadis Kesehatan Kabupaten Sintang menjelaskan tujuan dari operasi katarak gratis ini untuk menurunkan jumlah angka penderita katraak, mengembalikan fungsi penglihatan bagi pasien, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Masyarakat sudah mendaftar di 20 puskesmas dan sudah diperiksa oleh petugas medis. Sehingga ada 180 orang yang bisa mengikuti skrining hari ini di RSUD AM Djoen Sintang. skrining berikutnya oleh tim dokter dari UGM. Ada 8 dokter spesialisa mata yang terlibat dalam operasi katarak gratis ini, " terang Edy Harmaeni.

Baca Juga: Kadiskes Sintang Launching Pengukuran Bayi Serentak

Andriyani Cahyaningsih Larosa selaku product manager dari PT Erela memaparkan perusahaanya adalah perusahaan farmasi yang didirikan di Semarang dan memasarkan obat-obatan di seluruh Indonesia.

“Kami sudah berdiri selama 59 tahun dan kami memiliki program CSR berupa Operasi Katarak Gratis. Kami tahun 2024 sudah menargetkan melaksanakan operasi katarak gratis di 30 titik. Dan Kabupaten Sintang merupakan lokasi ke 14 yang sudah dilaksanakan, ” katanya Andriyani Cahyaningsih Larosa

Sementara itu Khairul Effendi dari Bank Danamon menjelaskan bahwa senang bisa berkolaborasi dengan Pemkab Sintang dalam mengatasi penderita katarak di Kabupaten Sintang. Katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan di Indonesia. Katarak bila tidak diatasi, akan menyebabkan kebutaan permanen.

Maka dari itu pihaknya mendukung operasi katarak gratis ini. Data kami, untuk Kalbar ini. jika ada 100 orang, 2 diantaranya mengidap katarak. Kami sudah banyak terlibat dalam kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh banyak daerah.

Pihaknya mendoakan agar proses operasi katarak yang akan dilaksanakan selama 2 hari. Besok dan lusa, bisa berjalan lancar.

PenulisWilliam
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm