PLN Peduli Tumbuhkan Potensi Desa di Kendawangan

3 Juli 2024 21:59 WIB
Penyerahan Bantuan Program Pengembangan UMKM Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi & Ikan Asin dari Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) 2 PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB), Dony Cahya Hari Mulya (kedua dari kanan) kepada Camat Kendawangan, Adi Kesuma (ketiga dari kiri).
Penyerahan Bantuan Program Pengembangan UMKM Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi & Ikan Asin dari Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) 2 PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB), Dony Cahya Hari Mulya (kedua dari kanan) kepada Camat Kendawangan, Adi Kesuma (ketiga dari kiri). ( )

Pontianak, Sonora.IDPLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) melalui PLN Peduli memberikan bantuan dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi dan Ikan Asin di desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Sabtu (29/06/2024).

Acara serah terima bantuan yang berlangsung di Kantor Desa Mekar Utama pada tanggal 29 Juni ini turut dihadiri oleh Camat Kendawangan, Adi Kesuma; Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) 2 PLN UIP KLB, Dony Cahya Hari Mulya; Kepala Desa Mekar Utama, Hasbuna, serta para pemimpin lokal dan perwakilan dari dinas terkait. Bantuan yang diberikan termasuk pelatihan kewirausahaan, pengurusan legalitas UMKM, serta penyediaan peralatan pendukung usaha bagi kelompok Budidaya Madu Lebah Hutan, Terasi & Ikan Asin, dan Kelompok Nelayan Desa Mekar Utama.

Bantuan yang diberikan mencakup pelatihan kewirausahaan, pengurusan legalitas UMKM, serta penyediaan peralatan pendukung usaha bagi kelompok Budidaya Madu Lebah Hutan, peralatan usaha terasi dan ikan asin, peralatan nelayan dan mengumpulkan ikan, serta bantuan bahan baku UMKM.

Dalam sambutannya, Camat Kendawangan, Adi Kesuma memberikan apresiasi kepada PLN atas bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat, "Terima kasih kepada PLN, semoga bantuan ini sangat membantu warga dalam meningkatkan usaha. Selain itu semoga pelatihan UMKM ini bisa meningktakan ilmu, wawasan, pengalaman, warga untuk lebih tau cara mengelola suatu usaha yang baik, mudah-mudahan apa yang kita dapat ini akan berbuah banyak manfaatnya," tutur Adi.

Baca Juga: PLN Sukses Pasok Listrik Tanpa Kedip dalam Gelaran MXGP 2024 Seri 1 Lombok

Sependapat dengan Adi, Kades Mekar Utama, Hasbuna berharap bantuan ini mendorong UMKM penerima bantuan semakin maju dan berkembang.

"Semoga bantuan yg diberikan PLN ini kami harapkan dapat memberikan motivasi kepada bapak-ibu kelompok UMKM semangat dalam mengembangkan produk-produk handalannya. Selain itu juga dapat mematenkan produknya melalui pengurusan legalitas sehingga semua UMKM di desa ini memiliki izin dan semakin meluas jangkaun penjualnnya," ungkapnya.

Total sebanyak 125 orang menerima manfaat dari program PLN Peduli ini, baik itu dari Kelompok Budidaya Madu Lebah Hutan, Kelompok Terasi & Ikan Asin serta Kelompok Nelayan Desa Mekar Utama adalah sebanyak 125 orang.

"Saat ini kami sedang melaksanakan pembangunan SUTT 150 kV Kendawangan – Sukamara yang di mana melewati Desa Mekar Utama. Proyek ini akan menghubungkan antara jaringan Listrik di Kalimantan Barat ke Kalimantan Tengah. Kami memohon dukungan masyarakat seluruhnya sehingga proyek kami ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat segera beroperasi di akhir tahun 2024 ini. Karena dengan beroperasi jaringan transmisi ini akan meningkatkan keandalan listrik yang ada di wilayah Ketapang sehingga dapat membantu masyarakat semua dalam mengembangkan usahanya," terang Manager UPP 2 PLN UIP KLB, Dony Cahya Hari Mulya dalam sambutan acara tersebut.

Dony mengatakan Desa Mekar Utama merupakan salah satu desa yang dilewati proyek. Pihaknya melihat adanya potensi dalam dunia usaha yang ada di Desa Mekar Utama. Oleh karenanya dengan ini PLN memberikan bantuan berupa Program Pengembangan UMKM Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi & Ikan Asin untuk para kelompok UMKM.

"Kami harapkan dengan adanya bantuan ini masyarakat di desa ini dapat lebih sejahtera dan kita semua dapat menghasilkan produk UMKM yang jauh lebih baik lagi serta dapat dipasarkan keseluruh Indonesia," pungkas Dony.

PenulisWilliam
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm