Ada Inspirasi Kuliner Nusantara di Bandung dengan Rasa yang Ngangenin

6 Juli 2024 15:24 WIB
SAM Retail Bandung Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat, Shindu Priyo Windoko di sela-sela acara Bright Gas Cooking Competition (BGCC) di Bandung, Sabtu (6/7/2024).
SAM Retail Bandung Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat, Shindu Priyo Windoko di sela-sela acara Bright Gas Cooking Competition (BGCC) di Bandung, Sabtu (6/7/2024). ( Gun)

 

Bandung, Sonora.ID - Sebagai kota yang dikenal dengan sebutan Kota Kembang, ternyata Bandung juga memiliki tawaran pesona alam dan udara yang terbilang sejuk, serta ragam kulinernya yang mengagumkan, mulai dari jajanan tradisional hingga modern.

Beragam kuliner khas kota ini kerap menjadi daya tarik wisata, seperti diantaranya ada batagor (bakso tahu goreng), atau siomay yang merupakan makanan jalanan favorit banyak orang. Rasa gurih dan tekstur yang kenyal dari batagor dan siomay, ditambah dengan saus kacang yang lezat, membuat makanan ini selalu dicari oleh wisatawan.

Tak ketinggalan, ada juga cireng yang nikmat renyah di luar dan kenyal di dalam, begitu juga cimol yang cocok dinikmati bersama saus sambal di tengah udara yang dingin. Atau bisa juga menikmati seblak dengan kondimen yang makin bervariasi, ditambah dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan.

Selain makanan tradisional, Bandung juga dikenal dengan aneka camilan manis yang unik, diantaranya ada surabi, kue cubit, atau bolu yang juga bisa dinikmati dengan berbagai topping manis. Ada juga camilan pisang bolen (pisang molen), dan masih banyak lagi.

Dan kota ini juga menjadi magnet para wisatawan dengan sajian beragam kopi berkualitas tinggi dari berbagai cafe yang suasananya di konsep unik, nyaman dan membuat betah.

"Bandung kan cukup terkenal dengan wisata kulinernya. Kuliner-kuliner ini jadi daya tarik wisata, rasanya bikin nagih dan ngangenin. Untuk itu kami ingin ikut berpartisipasi di dalamnya dengan mengusung tag Inspirasi Kuliner Nusantara," ucap SAM Retail Bandung Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat, Shindu Priyo Windoko di sela-sela acara Bright Gas Cooking Competition (BGCC) di Bandung, Sabtu (6/7/2024).

Baca Juga: Ratusan Booth UMKM Unggulan Jabar Ramaikan KKJ-PKJB 2024 di Kota Bandung

Shindu menyebut, dalam dunia kuliner, Bandung selalu menjadi pusat inovasi kuliner, di mana banyak chef muda atau chef rumahan, yang berkreasi menciptakan hidangan baru, yang menggabungkan cita rasa tradisional dengan sentuhan modern.

"Seperti yang sedang berlangsung di sini, ada cita rasa nusantara dengan ciri khas Kota Bandung. Nah Bandung itu jadi kota kedua setelah Palembang dalam pelaksanaan tahap penyisihan awal BGCC 2024," sebut Shindu.

"Tahap penyisihan awal ini dimulai bulan Juni di Palembang, lalu sekarang di Bandung. Setelah dari sini kami ke Manado, lalu ke Banjarmasin, dan nanti sebelum HUT RI, kami hadir di Surabaya," ungkap Shindu.

"Dan ujungnya nanti akan dihadirkan di Jakarta. Sekitar akhir Agustus 2024," imbuhnya.

Shindu juga mengatakan, Inspirasi Kuliner Nusantara menandakan bahwa di tiap wilayah di Indonesia, memiliki kuliner khas andalannya masing-masing. Tidak hanya menjadi favorit di dalam negeri, beberapa hidangan kuliner khas Nusantara bahkan kerap dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm