Aliansi Mahasiswa Peduli Lingkungan Kalimantan Timur (AMPL-KT) Gelar Unjuk Rasa, Soroti Perjalanan Dinas Keluar Negeri Pejabat Daerah

9 Juli 2024 10:09 WIB
Agus Setiawan Ketua AMPL-KT
Agus Setiawan Ketua AMPL-KT ( Dok Istimewa)

Samarinda,Sonora.Id - Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Lingkungan Kalimantan Timur (AMPL-KT) menyorot tajam kegiatan “elit” pemerintah provinsi Kalimantan Timur dalam melaksanakan kegiatan Perjalanan Dinas Keluar Negeri (PDLN).

Para Aktivis AMPL-KT menemukan adanya dugaan PDLN yang dilakukan terindikasi tidak sesuai ketentuan. Menyikapi persoalan itu AMPL-KT akan turun ke jalan berunjukrasa.

Agus Setiawan ketua AMPL-KT menyatakan bahwa ada temuan dari AMPL-KT terkait dengan adanya dugaan berbagai permasalahan pada Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur TA 2022 dan 2023, yang di duga berpotensi merugikan keuangan daerah dan juga diduga ada perbuatan melawan hukum.

”Permasalahan yang ingin kami tindak lanjuti soal hasil temuan BPK RI Perwakilan Kaltim terkait masalah “Maladministrasi pada pelaksanaan Perjalanan Dinas Luar Negeri pada Sekretariat Daerah Kaltim yang tidak di lengkapi izin yang lengkap,” kata Agus dalam keterangan kepada media.

Menurut Agus, dari hasil pemeriksaan secara uji petik terhadap dokumen pertanggungjawaban pelaksanaan belanja perjalanan dinas pada Sekretariat Daerah Kaltim, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat 6 pelaksana
perjalanan dinas yang melakukan PDLN tidak melampirkan dokumen administrasi surat persetujuan perjalanan dinas maupun izin keluar dengan perincian enam PDLN yaitu Sekretaris Daerah (1 Pelaksana PDLN 2023), Kepala Biro Perekonomian Setda Prov Kaltim (2 x Pelaksana PDLN 2022 & 2023), Kabag Sumber Daya Alam Pengelola Data Dan Informasi (2 x Pelaksana PDLN 2022 & 2023), Analis Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan Biro Umum Setda (1 Pelaksana PDLN 2023).

Kondisi tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 11 Tahun 2008 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penanganan Administrasi Perjalanan Dinas Luar Negeri pada Lampiran Bab II Bagian A.

"Angka 4 berbunyi apabila sampai dengan tanggal keberangkatan yang diusulkan belum mendapat persetujuan tertulis dari
Presiden atau pejabat yang ditunjuk, yang bersangkutan tidak diizinkan melaksanakan perjalanan dinas ke luar negeri," ujarnya

Kemudian Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2019 tentang Tata Cara Perjalanan ke Luar Negeri di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah pada Pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD serta ASN di lingkungan Kementerian dan Pemerintah Daerah dalam melakukan Perjalanan Dinas harus memiliki okumen administrasi Perjalanan Dinas.”

Pasal 10 ayat (2) huruf b. dan huruf d. menyatakan bahwa “Dokumen administrasi Perjalanan Dinas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), terdiri atas: (b) surat persetujuan Perjalanan Dinas; (d) Exit Permit”.

Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2020 sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Gubernur Nomor 25 Tahun 2023 pada Pasal 25 ayat (7) menyatakan bahwa dokumen administrasi perjalanan dinas ke luar negeri terdiri atas. Surat rekomendasi izin Perjalanan Dinas,Surat persetujuan Perjalanan Dinas, Paspor Dinas yang masih berlaku, Exit Permit dan Visa untuk Negara tertentu.

”AMPL-KT mendesak beberapa pihak agar transparan dan amanah dalam pengelolaan anggaran sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Kami akan melakukan unjukrasa minggu ini, mendesak Pj gubernur untuk memberikan sanksi yang tegas terhadap pihak pejabat yang melakukan perjalanan dinas keluar negeri tanpa melalui prosedur yang diatur dalam undang-undang,"pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Tim Redaksi Sonora.Id telah menghubungi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni melalui aplikasi pesan pendek WhatsApp untuk memberikan tanggapan ataupun konfirmasi terkait tudingan dari mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Lingkungan Kalimantan Timur (AMPL-KT). Namun sampai berita ini diturunkan beluam ada jawaban dari Sri Wahyuni. Selain itu juga saat mendatangi ruang kerja Sekretaris Daerah Kalimantan Timur, Sri Wahyuni tidak berada diruangan. 

Sebelumnya diberitakan mahasiswa yang tergabung dalam AMPL-KT menuding bahwa Perjalan Dinas Luar Negeri (PDLN) yang telah dilakukan oleh Sekda Kaltim beserta pejabat teras yang lainnya diduga Maladministrasi. Aliansi Mahasiswa Peduli Lingkungan Kalimantan Timur (AMPL-KT) menyoroti kegiatan Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Provinsi (sekdaprov) Kalimantan Timur, kemudian Kepala Biro Perekonomian, Kabag Sumber Daya Alam Pengelola Data Dan Informasi, Analis Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan Biro Umum Setda. Aliansi mahasiswa menyebut para pejabat itu melakukan Perjalanan Dinas Keluar Negeri (PDLN) patut di duga dengan cara melanggar aturan perundangan.

Ketua AMPL-KT, Agus Setiawan mengungkapkan rencananya aktivis yang tergabung AMPL-KT rencananya akan kembali melakukan aksi unjukrasa pada Kamis, (11/7/24) di Kantor Gubernur yang diduga adanya temuan banyak permasalahan pada Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur TA 2022 dan 2023, yang berpotensi merugikan keuangan daerah dan juga di duga ada perbuatan melawan hukum.

”Permasalahan yang ingin kami tindak lanjuti soal hasil temuan BPK RI Perwakilan Kaltim terkait masalah Maladministrasi pada pelaksanaan Perjalanan Dinas Luar Negeri pada Sekretariat Daerah Kaltim yang tidak di lengkapi izin yang lengkap,” kata Agus 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm