Bandung, Sonora.ID - Dari Januari hingga Juni 2024 (semester I), jumlah pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, naik 2 % dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini didorong oleh berbagai faktor, seperti diantaranya perbaikan layanan, peningkatan frekuensi perjalanan, serta berbagai promosi yang menarik minat pelanggan.
"Untuk semester I tahun 2024, Daop 2 Bandung telah mengangkut sebanyak 1.797.967 penumpang KAJJ, dan ini naik 2 persen kalau dibandingkan dengan semester I tahun 2023 sebanyak 1.764.864 pelanggan KA," ucap Manager Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi di Bandung, Selasa (9/7/2024).
“Dan tahun ini, pelanggan KAJJ terbanyak ada di bulan April yaitu 388.162 orang pelanggan yang berangkat dari Wilayah Daop 2 Bandung,” ungkap Ayep.
"Lalu sepanjang semester I ini, Stasiun Bandung yang paling banyak memberangkatkan, yaitu 734.577 penumpang, diikuti Stasiun Kiaracodong 465.244 penumpang, Stasiun Tasikmalaya 190.863 penumpang, Stasiun Banjar 108.218 penumpang, dan Stasiun Cimahi 84.375 penumpang," urai Ayep kepada awak media.
Adanya peningkatan ini, kata Ayep, membuktikan bahwa layanan angkutan masyarakat menggunakan transportasi kereta api di Daop 2 semakin menjadi pilihan dan andalan," kata Ayep.
Selain itu, lanjutnya, adanya peningkatan fasilitas dan pelayanan kepada pelanggan juga menjadi salah satu faktor naiknya pelanggan, seperti adanya penambahan operasional KA baru, yaitu KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir (PP), KA Pangandaran relasi Banjar - Gambir (PP), dan KA Malabar (pagi) relasi Bandung-Malang (PP), yang dihadirkan pada akhir Januari 2024 lalu.
Sejak diresmikan, KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir dan KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir, telah mengangkut total ratusan ribu pelanggan.
"Dua KA ini sepanjang semester I, telah mengangkut sebanyak 139.453 pelanggan dengan rincian 76.278 pelanggan KA Papandayan dan 63.175 pelanggan KA Pangandaran," kata Ayep.
"Lalu pada awal Mei lalu, kami juga hadirkan KA Lodaya relasi Bandung -Solo Balapan PP dengan menggunakan jenis Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation," imbuhnya.
"Dan izinkan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayai dan menggunakan jasa KAI," pungkas Ayep.