Apa Itu Kecubung dan Benarkah Bisa Bikin Mabuk? Simak Pembahasannya

12 Juli 2024 14:35 WIB
Ilustrasi apa itu kecubung dan benarkah bisa bikin mabuk?
Ilustrasi apa itu kecubung dan benarkah bisa bikin mabuk? ( Unsplash/Olivia Haun)

Sonora.ID - Akhir-akhir ini, viral di media sosial sebuah video empat orang yang 'mabuk kecubung' dan terlihat berhalusinasi. Video tersebut diduga berlatar di Kalimantan.

Namun, apa itu kecubung?

Kecubung (Datura) adalah tanaman semak yang punya bunga menyerupai trompet serta buah kecil berbentuk bulat dan berduri yang tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Biji atau buah datura berkembang di dalam cangkang yang ditutupi duri. Ketika matang, buah tersebut membelah dan menyebarkan benihnya ke tanah.

Baca Juga: Viral di Medsos, Polda Kalsel Langsung Identifikasi Pengguna Kecubung

Manfaat Kecubung

Dikutip dari jurnal oleh Tawhida Islam, dkk. (2023) berjudul Ethnobotanical uses and phytochemical, biological, and toxicological profiles of Datura metel L.: A review yang diunggah di Science Direct, dalam pengobatan tradisional, kecubung kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Sejumlah penyakit yang diobati menggunakan kecubung cukup beragam, mulai dari penyakit ringan seperti demam dan diare hingga penyakit berat hingga penyakit saraf, jantung, hingga bronkitis kronis.

Hal ini dikarenakan kecubung mengandung banyak fitokimia penting seperti withanolides, daturaolone, datumetine, daturglikosida, dan ofhiobolin yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Akan tetapi, penggunaannya harus diperhatikan dan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter. Pasalnya, kecubung sebenarnya merupakan tanaman beracun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm