Bey: Laporkan Kepada Kami Jika Ada yang Lakukan Kekerasan dan Perundungan di Masa Orientasi Sekolah

13 Juli 2024 09:34 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey T. Machmudin
Pj Gubernur Jabar Bey T. Machmudin ( )

Bandung, Sonora.ID - Masa orientasi sekolah seharusnya menjadi momen yang menyenangkan dan penuh semangat bagi para siswa baru, bukan momen yang penuh ketakutan atau kekhawatiran.

Tidak dipungkiri, kerap ada bentuk kekerasan dan perundungan yang terjadi selama periode ini, bahkan yang mengancam kesejahteraan fisik dan emosional para siswa.

"Tidak ada tempat untuk kekerasan dan perundungan di lingkungan pendidikan. Setiap siswa berhak merasa aman dan dihormati, terutama ketika mereka sedang menyesuaikan diri dengan semangat di lingkungan yang baru," ucap Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Bandung, Jumat (12/7/2024).

"Sekolah dan para pendidik harus mengambil peran aktif dalam mencegah kekerasan dan perundungan dengan menerapkan kebijakan tegas dan menyediakan pendidikan yang mempromosikan nilai-nilai seperti empati, kerjasama dan penghargaan terhadap perbedaan," tegas Bey.

"Kami sudah lakukan diseminasi ke tiap-tiap sekolah. Jadi, orientasi sekolah yang sehat dan bebas dari kekerasan tidak hanya membantu siswa baru merasa diterima, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk sukses akademis dan sosial di masa depan," ungkapnya.

Baca Juga: 20 Pesan dan Kesan untuk Kakak OSIS Pendamping MPLS, Bermakna!

Selain itu, lanjut Bey, dirinya juga sudah memberi instruksi kepada Dinas Pendidikan Jabar untuk memantau kegiatan orientasi di setiap sekolah.

"Tidak boleh ada kekerasan dan perundungan. Saya minta Plh Kadisdik untuk memantau orientasi ini," tegas Bey.

"Orientasi itu ya harus betul-betul hanya untuk mengakrabkan, lebih bersifat gembira agar siswa semangat ke sekolah dengan lingkungan sekolah yang baru," katanya.

Bey juga mempersilakan masyarakat melaporkan jika menemukan sekolah yang melakukan orientasi dengan kekerasan dan perundungan melalui aplikasi Sapawarga.

"Kami tidak menoleransi sama sekali adanya kekerasan dan perundungan di sekolah. Silakan bila ada yang merasa terdapat seperti itu, laporkan kepada kami lewat Sapawarga. Kami akan tindak tegas," pungkas Bey.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm