Beberapa Cara Mudah untuk Menyembuhkan Sariawan Menurut Dokter!

15 Juli 2024 16:10 WIB
Ilustrasi sariawan, cara menyembuhkan sariawan
Ilustrasi sariawan, cara menyembuhkan sariawan ( Kompas.com)

Sonora.ID - Sariwan adalah salah satu penyakit paling umum yang pasti sudah pernah dialami setiap manusia. Bagaimana cara menyembuhkan sariawan?

Sariawan merupakan penyakit yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia, tetapi sangat mengganggu karena menyebabkan nyeri ketika makan/minum, berbicara, bahkan ketika tidak melakukan apapun.

Dalam dunia medis, sariawan dikenal dengan istilah canker sore atau stomatitis aphtosa.

Sariawan dapat muncul di seluruh jaringan lunak dalam mulut termasuk di lidah dan bisa saja timbul sekaligus beberapa luka dalam waktu bersamaan.

Meski rasanya yang sangat sakit, saat ini sudah banyak sekali cara alami untuk mengatasi sariawan pada mulut.

Baca Juga: 9 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami Cepat dan Ampuh

Dalam progam Health Corner di Radio Sonora, dr. Santi menjelaskan jika mengalami sariawan pada mulut dan terasa nyeri yang berlebihan, maka penderitanya diperbolehkan untuk menggunakan obat pereda nyeri seperti parasetamol.

Selain obat, ada juga beberapa cara yang menggunakan bahan dasar alami, yakni dengan mengoleskan madu atau minyak kelapa kepada bagian yang terkena sariawan.

“Itu lebih murah meriah dan manjur, jadi bikinnya gampang dan engga terlalu banyak peralatan,” Ujar dr. Santi saat ditemui di Radio Sonora.

Dr. Susanti juga menjelaskan berkumur dengan larutan air garam merupakan salah satu cara alami yang jitu untuk menyembuhkan sariawan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm