Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-77, Bupati Harapkan Koperasi Bisa Bangkitkan Perekonomian

16 Juli 2024 20:20 WIB
Pemerintah Kabupaten Berau
Pemerintah Kabupaten Berau ( )
 
Sonora.ID - Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih Mas pimpin Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 Tahun 2024, di Halaman Kantor Bupati Berau, pada (15/7/2024). Kegiatan ini mengambil tema 'Koperasi sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil'.
 
Saat membacakan pidato tertulis Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mengatakan beberapa tahun terakhir ini, bangsa-bangsa di dunia tengah menghadapi himpitan krisis yang tidak mudah, mulai dari krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, krisis iklim dan bahkan krisis geopolitik yang puncaknya menambah ketidakpastian dalam segala sendi kehidupan.
 
“Pada peringatan 77 Tahun Hari Koperasi kali ini, menjadi penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di Tanah Air semakin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari middle income trap,” ujarnya.
 
Ia menyebut, Usaha Mikro ini menempati porsi terbesar dari pelaku usaha yang belum mendapatkan akses pembiayaan formal, belum mendapatkan akses inovasi dan teknologi atau usaha mereka paling rentan terhadap perubahan lingkungan.
 
“Di sinilah peran koperasi menjadi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh, dari Usaha Mikro ke Usaha kecil; Usaha Kecil ke Usaha Menengah; dan terhubung ke dalam rantai pasok industri nasional,” jelasnya.
 
 
Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih Mas pimpin Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 Tahun 2024, di Halaman Kantor Bupati Berau, pada (15/7/2024).
 
Lebih lanjut, koperasi telah menjadi solusi untuk memberikan kepastian pembelian produk, memberikan kepastian terhadap akses inovasi teknologi, memberikan kepastian terhadap akses kemitraan dan akses permodalan.
 
“Koperasi di tengah himpitan krisis dan serba ketidakpastian hari ini, harus semakin agile yakni memiliki kemampuan adaptasi lebih cepat, lebih inovatif dan lebih akuntabel sehingga dapat memberikan manfaat lebih besar kepada anggota dan lingkungannya,” imbuhnya.
 
Ia berharap agar RUU Koperasi segera diundangkan guna memperkuat ekosistem kelembagaan koperasi yang lebih baik. “Mari manfaatkan kehadiran Koperasi Multipihak sebagai terobosan untuk menarik minat dan bakat anak-anak muda Indonesia yang terbukti unggul. InsyaAllah, sejalan dengan semakin banyaknya pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang berkoperasi, semakin banyaknya koperasi yang memberikan solusi terhadap kemitraan, terhadap pasar, dan bahkan terhadap permodalan, maka semakin banyak dan cepat UMKM di Tanah Air untuk naik kelas,” tukasnya.
 
Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan Koprasi berprestasi, yang diserahkan lansung Bupati Berau kepada perwakilan Koprasi terpilih, dan dilanjutkan Foto Berasama. Kominfo Berau.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm