Sonora.ID - Contoh soal IPAS kelas 5 bab 1-2 Kurikulum Merdeka dapat menjadi bahan belajar siswa di rumah sebelum menghadapi ujian.
Dikutip dari buku Kemdikbud Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas V, soal IPAS kelas 5 bab 1 Kurikulum Merdeka mencakup beberapa materi, seperti cahaya dan sifatnya serta bunyi dan sifatnya.
Adapun soal IPAS kelas 5 bab 2 Kurikulum Merdeka mencakup materi ekosistem, rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan makhluk hidup.
Berikut ini 25 contoh soal IPAS kelas 5 bab 1-2 Kurikulum Merdeka dikutip dari berbagai sumber.
1. Bagian yang melindungi mata dari masuknya debu dan kotoran adalah?
A. Alis
B. Lipatan mata
C. Pupil
D. Bulu mata
Jawaban: D
2. Saat berada di tempat yang terang, pupil akan mengecil. Tujuannya adalah?
A. Memperbanyak cahaya yang masuk mata
B. Melindungi bagian penting dalam mata
C. Mengatur jumlah cahaya yang masuk mata
D. Agar cahaya yang masuk mata tidak banyak
Jawaban: D
3. Suara petir saat sedang hujan memiliki intensitas bunyi yang?
A. Rendah
B. Tetap
C. Tinggi
D. Sama
Jawaban: C
4. Bunyi pantul yang muncul setelah bunyi asli selesai adalah?
A. Gema
B. Gaung
C. Kerdam
D. Bunyi pantul memperkuat bunyi asli
Jawaban: A
5. Sekar berkunjung ke wisata Gua Jomblang di Yogyakarta. Pemandangan goa menunjukkan cahaya matahari yang masuk melalui lubang di atas goa. Sifat cahaya yang sedang diamati oleh Sekar adalah?
A. Cahaya merambat lurus
B. Dapat dibiaskan
C. Dapat dipantulkan
D. Cahaya dapat diuraikan
Jawaban: A
Baca Juga: Ini Materi Matematika Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
6. Alvin tidak dapat melihat benda dalam jarak jauh tanpa bantuan kacamata. Gangguan mata yang dialami oleh Alvin adalah?
A. Rabun jauh
B. Rabun dekat
C. Mata silindris
D. Buta warna
Jawaban: A
7. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak negatif pada ekosistem?
A. Meningkatkan pembakaran limbah
B. Menggunakan lebih banyak bahan kimia di pertanian
C. Mendukung pelestarian alam dan praktik berkelanjutan.
D. Membuang sampah plastik ke alam liar
Jawaban: C
8. Mengapa penting untuk menjaga keseimbangan dalam rantai makanan dalam ekosistem?
A. Keseimbangan tidak penting
B. Memastikan setiap hewan dalam ekosistem memiliki cukup makanan
C. Mengurangi populasi predator
D. Memastikan tidak ada hewan yang makan berlebihan
Jawaban: D