300 UMKM Ramaikan PosAja! UMKM Fest 2024 Di Jawa Timur

18 Juli 2024 11:25 WIB
UMKM Fest 2024 yang digelar Pos Indonesia di Pos Bloc Surabaya, Jalan Kebon Rojo, Kota Surabaya Jawa Timur, Rabu (17/7/2024).
UMKM Fest 2024 yang digelar Pos Indonesia di Pos Bloc Surabaya, Jalan Kebon Rojo, Kota Surabaya Jawa Timur, Rabu (17/7/2024). ( )
 
Surabaya, Sonora.ID - Ribuan produk dari 300 UMKM hadir melengkapi perhelatan PosAja! UMKM Fest 2024 yang digelar Pos Indonesia di Pos Bloc Surabaya, Jalan Kebon Rojo, Kota Surabaya Jawa Timur, Rabu (17/7/2024).
 
Dalam siaran persnya disebutkan, PosAja! UMKM Fest 2024 dimulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam ini sukses menarik ratusan pengunjung. 
 
 
Hadir pada acara tersebut Deputi Bidang UKM Temmy Setya Permana mewakili Menteri Koperasi dan UKM; Asisten Dua Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Ir. Joko Irianto, M.Si mewakili Gubernur Provinsi Jawa Timur; mewakili Wali Kota Surabaya, Asisten Dua Walikota Surabaya Agus Son Haji.
 
Kemudian hadir pula Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Business Kurir dan Logistik Tonggo Marbun, Direktur Business Development and Portfolio Management Prasabri Pesti, Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi, dan Pimpinan BNI 46 Cabang Surabaya Kurnia Andi Wijaya. 
 
Dalam event ini sekaligus dilakukan peluncuran PosAja UMKM dan UMKM Centre di Pos Block Surabaya. 
 
Selain itu, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar UMKM Jawa Timur, workshop UMKM, serta sesi tanya jawab menghadirkan sejumlah pemateri yang ekspert di bidangnya.
 
 
Untuk workshop mengangkat tema tentang UMKM Wajib Sertifikasi Halal; Pentingnya Digitalisasi UMKM; UMKM Kuat, Keuangan Sehat; Rahasia Memikat Investor; Strategi Sukses Jualan di e-Commerce; Fast Track UMKM Siap Ekspor; dan Lebih Cuan Jualan Pakai Live Commerce. 
 
“Acara ini diikuti sekitar 300 pelaku UMKM dari seluruh Provinsi Jawa Timur. Acara ini bertujuan untuk membantu promosi produk UMKM yang ada di Jawa Timur,” kata Faizal saat sambutan.
 
Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Pos Indonesia memajukan UMKM di Indonesia. Di mana, UMKM memiliki peran besar dalam dalam pembangunan ekonomi. UMKM memiliki keunggulan seperti biaya rendah, fokus yang spesifik, kemampuan berinovasi cepat, dan fleksibilitas tinggi. 
 
“UMKM juga berperan besar dalam penyerapan tenaga kerja, di mana 99% kegiatan bisnis di Indonesia dilakukan oleh UMKM,” ungkapnya. 
 
PosAja! UMKM Fest 2024 diinisiasi oleh PosIND. Selain menarik pelaku UMKM, festival ini juga memadukan berbagai aktivitas seperti workshop, bazar, dan hiburan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk unggulan UMKM serta memberikan edukasi mengenai entrepreneurship.
 
Produk yang dipamerkan dalam festival ini sebagian besar berupa makanan dan minuman, fashion, kerajinan, dan aksesoris. Dengan adanya berbagai macam workshop, gerakan cinta produk lokal, dan edukasi mengenai entrepreneurship, diharapkan UMKM dapat meningkatkan kapasitas usahanya dan memperkuat perekonomian daerah.
 
Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun mengatakan, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dan masyarakat umum mengenai kebijakan pemerintah terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.
 
“Melalui kegiatan ini, kami berharap pelaku UMKM yang belum paham legalitas usaha dan membutuhkan informasi kebijakan pemerintah dalam berusaha bisa didapatkan di festival ini, sehingga para pelaku UMKM dapat naik kelas dan go global,” kata Tonggo.
 
 
Senior VP Retail Business Pos Indonesia W Lily Selanno mengatakan, Pos Indonesia telah lama melibatkan UMKM dalam berbagai kegiatan usaha. Salah satunya pada program PosAja melibatkan ribuan mitra menjadi Agen Pos, O-Ranger, dan Drop Point. 
 
“Kami juga baru saja meluncurkan program COD Talangan. Artinya, bila ada kiriman yang menggunakan COD, kami talangi pembayarannya kepada mitra. Ini akan memberikan nilai lebih bagi pelaku UMKM yang menjadi agen kami,” kata dia. 
 
Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi mengulas tentang perkembangan digital dan strategi penjualan di Shopee, Shopee hadir bagi UMKM, dan kiat sukses berjualan di Shopee. 
 
“Salah satu tips sukses berjualan online di Shopee diantaranya membuat deskripsi produk yang lengkap dan sesuai. Ini akan mendorong produk Anda mudah dicari di marketing,” kata Daniel.
 
"Shopee berkomitmen untuk menjadi teman dalam setiap perjalanan UMKM di Indonesia. Kami mendukung perkembangan teman-teman UMKM untuk berkembang melalui berbagai program pendukung kita, salah satunya adalah Program Ekspor Shopee yang bisa membawa penjualan produk mereka hingga ke Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin," imbuhnya.
 
Sementara itu, CEO Jakcloth Ruddy Lasut, saat talkshow, memaparkan mengenai bagaimana menarik investor. Rudi berbagi tips kepada para pelaku usaha tentang pentingnya investor untuk membantu menambah permodalan.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm