Kunjungan Finalis Putra Putri DIY 2024 di RS Panti Rapih Yogyakarta

18 Juli 2024 14:15 WIB
Penjelasan Profil RS Panti Rapih oleh Dr. dr. Jodi Visnu, M.P.H
Penjelasan Profil RS Panti Rapih oleh Dr. dr. Jodi Visnu, M.P.H ( )
 
Sonora.ID - Para finalis Putra Putri DIY 2024 melakukan kunjungan istimewa ke RS Panti Rapih Yogyakarta pada Kamis, 18 Juli 2024. Kunjungan ini diterima langsung oleh Direktur SDM RS Panti Rapih, dr. Dion Sulistyo, MPH. Tema pemilihan Putra Putri DIY tahun ini, "New Era New Beginning", bertujuan untuk mendorong generasi muda mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam era industri dan masyarakat saat ini.

Para finalis yang terdiri dari 21 putri dan 14 putra telah memasuki fase karantina dan mengunjungi beberapa pihak pendukung acara, termasuk RS Panti Rapih.

Selama kunjungan, para finalis mendapatkan berbagai kegiatan edukatif dan bermanfaat, antara lain:

  • Profil RS Panti Rapih memperkenalkan pelayanan kesehatan yang diberikan termasuk sejarah rumah sakit oleh Dr. dr. Jodi Visnu, M.P.H

  • Health Talk : Nutrigenomik untuk Skrining Kesehatan oleh dr. Noviani, Sp.GK, AIFO-K, membahas bagaimana genetika dan nutrisi berinteraksi untuk mendukung kesehatan optimal.

  • Health Talk : MCU Kesehatan bagi Pria dan Wanita oleh dr. Tan Liana Santoso, yang memberikan wawasan mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin.

  • Pemeriksaan BIA (Bioelectrical Impedance Analysis) oleh ahli gizi, untuk menilai komposisi tubuh pasien. BIA adalah metode non-invasif yang digunakan untuk mengukur berbagai parameter tubuh, termasuk: Presentase lemak tubuh, massa otot, total berat air, metabolisme basal (BMR), Index Massa Tubuh (IMT), dan distribusi lemak tubuh. 

  • Mini MCU (Medical Check-Up), untuk evaluasi kesehatan singkat namun menyeluruh.

Baca Juga: Berkontribusi Penuh Pada Program JKN, Pemda se-DIY Raih Apresiasi dari BPJS Kesehatan

“Apresiasi untuk ajang Putra Putri DIY 2024 yang tidak hanya mengapresiasi bakat dan penampilan, tetapi juga melibatkan fasilitas kesehatan dalam upaya promosi kesehatan bagi kaum muda. Para finalis berperan penting sebagai duta kesehatan, mengedukasi keluarga dan masyarakat bahwa menjaga kesehatan dengan gaya hidup sehat harus dimulai sejak dini.” kata Dr. dr. Jodi Visnu, MPH selaku Hospital Representative RS Panti Rapih.

Para finalis juga mengikuti hospital tour ke beberapa lokasi pelayanan penting di RS Panti Rapih:

  • Klinik Katarina (Pusat Anti Obesitas dan Kesehatan Holistik): Menyediakan layanan terpadu untuk penurunan berat badan dan kesehatan holistik.

  • Klinik Lucia (Perawatan Kulit dan Estetika): Menawarkan berbagai layanan estetika untuk perawatan kulit dan kecantikan.

  • Ruang Medical Check-Up: Fasilitas untuk pemeriksaan kesehatan menyeluruh.

  • Kawasan Cagar Budaya RS Panti Rapih: Area bersejarah di RS Panti Rapih yang telah ditetapkan sebagai  Cagar Budaya Budaya Nasional dalam sidang kajian Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) yang berlangsung 13-16 September 2018 di Bandar Lampung.

  • Klinik Golden Care: Klinik khusus untuk perawatan kesehatan lanjut usia.

  • Lounge RS Panti Rapih: Tempat bersantai yang nyaman, lengkap dengan Cafe Nutri Eatery yang menyajikan makanan sehat dan dilengkapi dengan kandungan gizi

Dalam kunjungan ini, RS Panti Rapih juga berkesempatan memilih sepasang Putra Putri Sahabat Panti Rapih yang akan bertugas selama satu tahun untuk menghadiri acara di dalam maupun di luar RS, serta memperkenalkan dan mempromosikan pelayanan RS Panti Rapih.

"Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam acara pemilihan Putra Putri DIY 2024 ini. Harapannya, generasi muda dapat lebih memahami pentingnya kesehatan dan terus berinovasi dalam bidang apapun yang mereka tekuni," ujar dr. Dion Sulistyo, MPH., Direktur SDM RS Panti Rapih. 

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para finalis serta menginspirasi mereka untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungan sekitar.

Baca Juga: OJK DIY Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakar Perdesaan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm