Rangkul Camat Hingga Ketua RT, Pemprov Kalsel Berupaya Tingkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilkada Serentak 2024

18 Juli 2024 15:25 WIB
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor ( Biro Adpim Setdaprov Kalsel)

Banjarbaru, Sonora.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Sosialisasi dan Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilkada Serentak Tahun 2024 di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru, pada kamis (18/7) siang.

Acara sosialisasi ini diikuti oleh para camat, lurah, serta ketua RT dan RW dari Kota Banjarbaru, yang merupakan elemen penting dalam rangka membangun kesadaran partisipatif masyarakat.

Usai pembukaan acara, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, terutama KPU, Bawaslu, serta Bakesbangpol Kalsel, yang telah berupaya keras untuk memastikan kesuksesan Pilkada 2024.

“Pilkada tahun 2024 adalah agenda demokrasi yang sangat krusial dan harus dipersiapkan dengan seksama. Saya berharap semua pihak dapat bekerja secara profesional dalam setiap tahapannya, serta turut mendorong peningkatan partisipasi pemilih,” ujar gubernur yang akrab disapa Paman Birin.

Ia menekankan pentingnya partisipasi aktif pemilih dalam Pilkada, yakni dengan mendorong agar masyarakat berminat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak politiknya.

“Partisipasi yang tinggi adalah indikator kualitas Pilkada yang baik,” ucapnya.

Baca Juga: Pemprov Kalsel Dorong Pengembang Banua Jaga Keseimbangan Pembangunan dan Pelestarian Lingkungan

Selain itu, Paman Birin menyebut urgensi sosialisasi Pilkada yang merangkul seluruh lapisan masyarakat, agar turut serta dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah.

“Kita harus meyakinkan masyarakat bahwa setiap suara memiliki peran besar dalam menentukan masa depan Banua kita dalam lima tahun mendatang,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga menyampaikan harapannya bahwa melalui sosialisasi ini, masyarakat akan lebih sadar akan hak dan kewajibannya sebagai pemilih.

“Partisipasi yang cerdas dari masyarakat adalah kunci untuk menjamin kelancaran Pemilu dan memilih pemimpin yang bertanggung jawab serta mampu membawa perubahan positif bagi Banua kita tercinta,” ucapnya.

Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam Pilkada Serentak 2024 dengan memberikan suara dalam pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

“Mari bersama-sama kita buktikan bahwa Banua kita mampu sukses dalam menyelenggarakan setiap perhelatan demokrasi, dan mampu melahirkan pemimpin yang memegang teguh prinsip keadilan serta memperjuangkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat,” pungkasnya.

Baca Juga: Rilis Hasil Labfor Surabaya, Polda Kalsel Beberkan Bahaya Kecubung

PenulisFakhrurazi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm