Peringati 10 Muharram, Gubernur Kalsel Bagikan Ribuan Porsi Bubur Asyura

18 Juli 2024 15:10 WIB
proses pembuatan bubur asyura di Kalsel untuk peringati 10 Muharram
proses pembuatan bubur asyura di Kalsel untuk peringati 10 Muharram ( Smart FM Banjarmasin/Razie)

Banjarbaru, Sonora.ID – Memperingati 10 Muharram 1446 Hijrah, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor membagikan ribuan porsi bubur Asyura kepada ASN dan non ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, pada Kamis (18/7) pagi.

Di sela-sela pembagian bubur Asyura, Sahbirin mengatakan bahwa peringatan 10 Muharram ini merupakan refleksi hari bersejarah dalam Islam yang harus diisi dengan kegiatan positif, salah satunya pembagian bubur Asyura.

“Banyak hikmah dibalik pelaksanaan bubur Asyura pada hari ini. Namun yang jelas ini merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT. Walau cuma sedikit dengan berbagi kepada orang banyak,” ucap gubernur yang akrab disapa Paman Birin.

Semangat berbagi di momentum 10 Muharram, kata Paman Birin sebagai bentuk rasa syukur dengan berbagi bubur yang dinikmati oleh sejumlah pegawai di lingkup Pemprov Kalsel.

“Itulah, sejatinya umat muslim sangat luar biasa saat merayakan peringatan hari Islam,” sampainya.

Ditambahkannya, banyak hikmah yang dapat diambil dari kegiatan pembagian bubur Asyura ini, seperti mengajarkan untuk selalu berbagi terhadap sesama.

“Banyak hikmah yang terkandung di dalamnya,” ujarnya.

Baca Juga: Pemprov Kalsel Dorong Pengembang Banua Jaga Keseimbangan Pembangunan dan Pelestarian Lingkungan

Sementara itu, Guru Hasanuddin dalam tausiahnya menyampaikan makna perayaan dengan bubur asyura merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT untuk berbagi kepada sesama umat muslim di sekitar.

“Padahal yang disunnahkannya pada 10 Muharram itu adalah berpuasa. Namun kebiasaan kita ditanggal itu malah membuat bubur asyura dan membagikannya kepada warga sekitar,” ucap Guru Hasanuddin.

Di tanggal 11 Muharram ini, Guru Hasanuddin bersyukur bahwa Paman Birin melaksanakan kegiatan pembagian bubur asyura dan dapat dinikmati oleh jajaran lingkup Pemprov Kalsel tersebut.

“Kita perlu mensyukurinya karena mendapat nikmat sehat dan nikmat yang dibagikan lewat bubur Asyura ini oleh Paman Birin, Alhamdulillah,” ungkap Guru Hasanuddin bersyukur.

Baca Juga: Rilis Hasil Labfor Surabaya, Polda Kalsel Beberkan Bahaya Kecubung

PenulisFakhrurazi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm