Mengatasi Stunting: Peran Pemerintah dan Kolaborasi lintas OPD di Kota Prabumulih

19 Juli 2024 14:15 WIB
Eti Agustina, SKM. M.KES Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak ( P2KBP3A) Kota Prabumulih
Eti Agustina, SKM. M.KES Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak ( P2KBP3A) Kota Prabumulih ( Humas Pemkot Prabumulih)

Palembang Sonora - Upaya pencegahan pemerintah Kota Prabumulih, dalam menekan angka stunting di Kota Prabumulih terus dilakukan, hal ini dibuktikan dengan terjadinya penurunan angka stunting Dari 70 kasus menjadi 56 kasus.

"Alhamdulillah, ada penurunan secara rutin untuk angka stunting saat ini, Ungkap Eti Agustina, SKM. M.KES Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak ( P2KBP3A) Kota Prabumulih dalam wawancara melalui via telepon 102.6 Radio Sonora Palembang, Jumat (19/07/2024).

Untuk anak balita penderita stunting, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak ( P2KBP3A) Kota Prabumulih terus melakukan kunjungan secara berkala dan pemantauan dalam perkembangan balita.

"Kita perhatikan asupan gizinya hingga bisa keluar dari status stunting," Ungkap Eti.

Pemerintah Kota Prabumulih terus bahu membahu mengatasi dan menekan angka stunting. Upaya pencegahan stunting tak hanya fokus pada penderita. Namun juga dari segi ekonomi, sanitasi bahkan juga pemberdayaan yakni memberikan pelatihan bagi orang tua penderita stunting.

"Kita ingin anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan membanggakan, ungkap Eti.

Baca Juga: Polda Sumsel Gelar Apel Kesiapan Penanganan Karhutla

Eti juga menjelaskan saat ini Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Prabumulih memberikan pelatihan untuk orang tua penderita stunting. Pelatihan ini diharapkan kedepan orang tua memiliki keahlian agar kedepan bisa membuka usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna menyokong ekonomi keluarga.

Ia juga mengajak para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam memberikan solusi mengatasi stunting.

“Memang target kita, yah zero stunting. Tetapi, hal itu kita lakukan secara bertahap. Jumlah kasus stunting, diharapkan terus turun. Kegiatan ini, akan dilakukan secara berkelanjutan sebagai bentuk komitmen Pemkot Prabumulih mengurangi jumlah angka stunting di kota Nanas ini,” terang Eti

Penulis: Muhammad Abdul Rohim

Baca Juga: Pelantikan 167 Bintara Polri di Polda Sumsel

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm