Gelar Rakor Monitoring dan Evaluasi Coklit, KPU Jatim: Pelaksanaan Sesuai dengan Kaidah

19 Juli 2024 14:30 WIB
Kegiatan Rapat Koordinasi Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Coklit serta Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Pilkada 2024 telah diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur pada Senin (15/7/2024)
Kegiatan Rapat Koordinasi Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Coklit serta Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Pilkada 2024 telah diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur pada Senin (15/7/2024) ( )

Sonora.ID - Kegiatan Rapat Koordinasi Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Coklit serta Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Pilkada 2024 telah diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur pada Senin (15/7/2024) di Kantor KPU Kota Batu Jalan Sultan Agung No. 16 Kelurahan Sisir.

Heru Joko Purwanto selaku Ketua KPU Kota Batu, menyampaikan rasa bahagianya atas dipilihnya kantor KPU Kota Batu sebagai tempat pelaksanaan rapat koordinasi yang masih berstatus baru pasca renovasi.

"Kami sangat berterima kasih atas kesempatan menjadi tuan rumah acara ini, dan penggunaan aula kantor adalah perdana untuk acara KPU kabupaten/kota,” ungkap Heru.

Berkaitan dengan agenda rakor, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Aang Kunaifi mengungkap bahwa rakor dimaksudkan untuk melihat progres pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan di masing-masing kabupaten/kota. Menurut Aang, monitoring dan pengawasan kerja Pantarlih secara berkala adalah kunci keberhasilan coklit.

"Kita akan melakukan pengawasan internal terlebih dahulu, kemudian memastikan bahwa tim kita benar-benar menjalankan tugas sesuai dengan prinsip penyusunan data pemilih, yaitu dengan cara mendatangi setiap rumah," ujarnya.

Baca Juga: Satpol PP Kabupaten Malang dan Bea Cukai Malang Gelar Operasi Sosialisasi Sobo Kampung untuk Cegah Peredaran Rokok Ilegal

Ia menekankan bahwa pelaksanaan coklit di Jawa Timur telah memenuhi prinsip-prinsip utama dalam penyusunan data pemilih, yaitu komprehensif, akurat, terbaru, serta wajib dilakukan..

"Kita memastikan bahwa data pemilih yang kita susun ini benar-benar memenuhi beberapa prinsip utama. Dulu hanya ada tiga prinsip yaitu akurat, terbaru, dan komprehensif, namun sekarang ditambah dengan prinsip aksesibilitas, perlindungan data pribadi, dan lain sebagainya," jelasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa jadwal tahapan Pilkada 2024 semakin padat. Oleh karena itu, Aang  mengajak seluruh jajaran KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur untuk selalu menjaga ritme istirahat agar mampu menjalankan tugas dengan baik dan optimal. 

Penulis: Rifqi Aniqo

Baca Juga: DPRD Kabupaten Malang Gelar Rapat Paripurna dalam Rangka Persetujuan RPJPD dan Rancangan KUA PPAS serta Rancangan Perubahan

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm