Kapal yang Membawa Material BTS BAKTI KOMINFO Hilang Kontak di Perairan Papua

21 Juli 2024 20:58 WIB
Kapal yang Membawa Material BTS BAKTI KOMINFO Hilang Kontak di Perairan Papua
Kapal yang Membawa Material BTS BAKTI KOMINFO Hilang Kontak di Perairan Papua ( )

Sonora.ID – Kapal Cita XX yang membawa material BTS BAKTI KOMINFO dari Timika menuju Yahukimo hilang kontak sejak hari Rabu, 17 Juli 2024.

Kapal berjenis LCT GT 145 tersebut terakhir berkomunikasi dengan kapal Prima Jaya yang melintas bersamaan pada hari selasa 16 Juli 2024.

Dari informasi yang disampaikan oleh Crew Kapal Prima Jaya, Kapal Cita XX tidak melaju dan posisi mengambil di pinggiran.

Fadhilah Mathar, Direktur Utama BLU BAKTI Kominfo dalam keterangan yang kami terima menyampaikan selain mengangkut  12 orang, Kapal Cita XX  juga membawa material bts, tower, power, dan VSAT untuk penyediaan sinyal 4G BAKTI Kominfo di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. 

"Kapal Cita XX berangkat dari Timika pada hari Senin 15 Juli 2024 Pukul 05.43 WITA dan rencananya akan tiba di Yahukimo pada hari Kamis, 18 Juli 2024."jelas Fadhilah.
 
Ia menambahkan, "Pada hari Jumat, 19 Juli 2024, Penanggung Jawab Kapal Cita XX, Bapak Mufli, melaporkan posisi kapal Cita yang belum tiba di Pelabuhan Yahukimo kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Timika." 
 
Saat kami konfirmasi pada Direktur SDA Bakti, Plt Direktur SDA BAKTI Kominfo, Arief Tri Hardiyanto menyampaikan pihaknya sudah berkordinasi dengan Kepala Kantor Pencarian dan Penyelamatan (KakanSAR) Kelas B Timika, I Wayan Suyatna dan didukung dari TNI Angkatan Laut serta Kepolisian Air dan Udara (Polairud). Namun, hingga saat ini kapal tersebut belum ditemukan. Ia pun memohon doa agar kapal tersebut dapat segera ditemukan dan semua kru selamat.
 
Sementara itu, KakanSAR Timika I Wayan Suyatna, seperti kami kutip dari Tribun-Papua.com menyampaikan, usai menerima laporan, pihaknya langsung merespon dan mencari informasi keberadaan kapal tersebut.
 
Pihaknya kemudian memetakan perairan yang sering melalui jalur yang direncanakan dilalui kapal Cita XX.
 
"Kami sudah petakan namun hingga tidak ada satupun informasi diterima terkait keberadaan kapal tersebut," kata I Wayan Suyatna Wayan menambahkan, Tim SAR gabungan  diberangkatkan tim sar gabungan menggunakan RIB 85 PK dari pos Asmat untuk melakukan pencarian di rute yang direncanakan dilalui kapal LCT Cita XX.
 
"Kemarin sudah dilakukan pencarian namun hasilnya nihil. Hari ini tim akan melakukan pencarian di lokasi yang dicurigai menjadi tempat persinggahan kapal tersebut," katanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm