BWSK I Pontianak Lakukan Pembersihan Sungai Kawasan Sungai Raya Dalam

21 Juli 2024 21:05 WIB
Pembersihan sungai dan wilayah sekitar sempadan sungai yang dilakukan oleh BWSK I Pontianak (IST).
Pembersihan sungai dan wilayah sekitar sempadan sungai yang dilakukan oleh BWSK I Pontianak (IST). ( )

Pontianak, Sonora.ID — Proses pembersihan sungai di wilayah Sungai Raya Dalam, yang terletak di perbatasan antara Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, telah resmi dimulai.

Pekerjaan ini dikelola oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) I Pontianak sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan memperlancar aliran sungai. 

Proses pembersihan tersebut mencakup pengangkatan rumput liar dan sampah sepanjang tiga kilometer.

Langkah ini diambil untuk mengatasi penyumbatan yang dapat mengganggu kelancaran aliran air serta mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem sungai dan kesehatan masyarakat.

Disamping itu, wilayah sekitar sungai (sempadan sungai) juga turut dibersihkan dari gulma dan rumput liar yang sudah menutupi sebagian wilayah sekitar sungai dan tepi jalan raya.

Baca Juga: PESIAR Diharapkan Mampu Edukasi Masyarakat Ikut Dalam Program BPJS Kesehatan

PPK O & P SDA 2 di BWSK I Pontianak, Tommy Alfrets Roring, S.T., M.T., mengatakan alasan pembersihan sungai di wilayah jalan Sungai Raya Dalam merupakan program yang telah dianggarkan dan disusun setiap tahunnya.

"Kegiatan pembersihan sungai di Sungai Raya dalam ini sudah dilakukan selama beberapa tahun ini, dan rencananya akan terus berlanjut hingga tahun depan," katanya.

"Kedepannya kami akan melanjutkan pembersihan sungai ini hingga ke hulu (daerah punggur) dan juga akan menggunakan alat berat supaya proses pembersihan jadi lebih maksimal," ujarnya lebih lanjut.

BWSK I, sebagai instansi yang berwenang melakukan pembersihan sungai untuk merawat kelestarian kehidupan sungai, dan dalam satu tahun BWSK I Pontianak biasanya melakukan 3 sampai 4 kali pembersihan sungai diberbagai lokasi.

"Tahun ini kita membersihkan 17 lokasi sungai di seluruh Kalbar, dan sekitar 4 titik yang kami lakukan pembersihan diseluruh wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya," terangnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm