7 Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional, Materi Ekonomi Kelas XI

23 Juli 2024 14:15 WIB
Ilustrasi, manfaat penghitungan pendapatan nasional
Ilustrasi, manfaat penghitungan pendapatan nasional ( Freepik)

Sonora.ID – Pernahkah kamu mendengar tentang pendapatan nasional? Apa saja manfaat penghitungan pendapatan nasional? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Melansir dari Gramedia, pendapatan nasional adalah suatu bentuk tolak ukur yang dipakai untuk memperhitungkan suatu perekonomian negara untuk memperolah gambaran tentang perekonomian yang sudah dicapai dan nilai pengeluaran yang diproduksi.

Selain itu, pendapatan nasional adalah suatu alat ukur untuk menentukan tingkat perekonomian suatu negara.

Bahasa lebih sederhananya, pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh masyarakat suatu negara dalam kurun waktu tertentu yang biasanya satu tahun.

Di sisi lain, ada beberapa manfaat perhitungan pendapatan nasional. Manfaatnya penting baik bagi pemerintah, pengusaha atau investor, maupun masyarakat umum.

Baca Juga: 13 Contoh Ekonomi Makro dan Perbedaannya dengan Ekonomi Mikro

Metode Perhitungan Pendapatan Nasional

Ada tiga metode perhitungan pendapatan nasional.

Pertama metode produksi. Yakni mengukur pendapatan nasional dengan menjumlahkan nilai tambah dari semua barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu negara. Ini mencakup gaji pekerja, keuntungan perusahaan, dan pajak produksi.

Kedua metode pendapatan. Yakni mengukur pendapatan nasional dengan menjumlahkan semua pendapatan yang diterima oleh faktor produksi dalam suatu negara. Ini mencakup gaji, keuntungan, bunga, dan sewa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm