Pj Sekda Membuka Resmi Rapat Optimalisasi SPAN Lapor di Tingkat Pemerintahan 17 Kabupaten/Kota

24 Juli 2024 11:30 WIB
Rapat optimalisasi SPAN LAPOR di tingkat pemerintahan Kabupaten/Kota se-Sumsel di Ruang Rapat Bina Praja, Selasa (23/7/2024).
Rapat optimalisasi SPAN LAPOR di tingkat pemerintahan Kabupaten/Kota se-Sumsel di Ruang Rapat Bina Praja, Selasa (23/7/2024). ( Humas Pemprov Sumsel)

Palembang, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Drs. H. Edward Candra memimpin dan membuka dengan resmi rapat optimalisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SPAN LAPOR) di tingkat pemerintahan Kabupaten/Kota se-Sumsel. Bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (23/7/2024).

Edward mengatakan, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis online yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas.

LAPOR! dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI bersama Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Kominfo RI, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia dan khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

“Dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pengelolaan pengaduan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyusun dan mempersiapkan Roadmap SP4N-LAPOR! Provinsi Sumatera Selatan di Tahun 2022-2024. Selanjutnya bersama-sama melakukan pengawasan pengelolaan dan penyelesaian penanganan pengaduan SP4N LAPOR! terutama dalam penundaan pengaduan oleh badan publik serta mengelola Laporan Pengaduan yang didisposisikan untuk mendorong perubahan sistemik berdasarkan data pengaduan masyarakat untuk perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik,” katanya.

Baca Juga: Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumatera Selatan: Airlangga Hartarto Berikan 10 Arahan

Pengelolaan pengaduan lanjut dia sangat penting, karena menjadi muara dari perbaikan atau reformasi birokrasi khususnya pelayanan publik, juga sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Ketika ada pengaduan, maka hal tersebut bisa menjadi dasar dari pengambilan keputusan atau kebijakan dari pemerintah daerah, karena belum tentu program yang dilaksanakan pemerintah sempurna. Kehadiran aplikasi LAPOR! Khususnya di Sumatera Selatan sebagai solusi dalam menghadapi tantangan pengelolaan pengaduan, sehingga ada kalanya pengaduan tersebut menjadi bahan pijakan dalam mengambil kebijakan,” katanya.

Edward mengungkapkan, Tim Koordinasi SP4N LAPOR! Sudah memberikan pengelolaan yang terbaiknya secara internal ke dalam dengan memberikan Bimtek dan Coaching ke Perangkat Daerah dan kabupaten/kota.

Untuk melanjutkan program tersebut pada hari ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan memfasilitasi Kegiatan FGD Optimalisasi Governansi SP4N LAPOR! Pemerintah kabupaten/kota se-Sumatera Selatan.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel atas terlaksananya kegiatan ini, terutama kepada Kepala OMBUDSMAN RI Perwakilan Sumatera Selatan beserta jajaran semoga apa yang sudah menjadi tugas dan kewajiban kita akan mendapatkan pahala dan balasan dari Allah SWT,” tandasnya.

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm