Tim Gabungan BPBD Provinsi Kalbar Lakukan Pemadaman Karhutla di Kawasan Sekunder C

24 Juli 2024 12:35 WIB
Tim Gabungan BPBD Provinsi Kalbar yang sedang bertugas melakukan pemadaman api Karhutla di kawasan Sekunder C, Kecamatan Rasau Jaya Umum, Kab. Kubu Raya.
Tim Gabungan BPBD Provinsi Kalbar yang sedang bertugas melakukan pemadaman api Karhutla di kawasan Sekunder C, Kecamatan Rasau Jaya Umum, Kab. Kubu Raya. ( Istimewa)

Kubu Raya, Sonora.ID – Tim gabungan BPBD Provinsi Kalimantan Barat kembali melakukan aksi pemadaman api Karhutla di Kawasan Sekunder C, Kecamatan Rasau Jaya Umum, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (23/7/2024).

Aksi yang dilakukan Tim gabungan BPBD Kalbar ini setelah mendapat laporan dari masayarakat setempat sejak pagi. 

Kepala Satgas Informasi Bencana BPBD Kalbar, Daniel mengatakan ada tiga tim yang turun dalam melakukan aksi pemadaman api Karhutla di Kawasan Sekunder C.

“Kami menerima laporan mulai dari tadi padi, jadi mulai dari pagi sampai sore ini ada tiga tim masih melakukan pemadaman,“ ungkap Daniel. 

Daniel menerangkan tim gabungan melakukan pemblokiran wilayah agar tidak menyebar ke kawasan lain.

Baca Juga: Windy Takjub Dua Anak Asal Kalbar Tampil di Depan Presiden dalam Momen HAN 2024

Namun menurutnya, untuk bisa memastikan api padam dalam satu hari itu agak sulit karena tim berlomba dengan angin yang sangat kencang.

Terkait dengan ketersediaan air di lokasi sangat minim sehingga tim gabungan harus mencari sumber air untuk pemadaman. 

“Air ada, tapi tidak banyak sehingga ini agak sulit, jadi tim yang kita turunkan ada yang harus mencari sumber air, kalau memang paritnya terpaksa kering, mau tidak mau harus kita angkut pakai tangka, tapi hal itu membutuhkan waktu yang lama, “ujar Daniel saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Daniel melanjutkan kendala lainnya yang harus diantisipasi jika jarak akses untuk masuk ke dalam lokasi cukup jauh maka harus memiliki ketersediaan selang yang cukup. 

Sebelumnya diberitakan terjadi Karhutla di Kawasan Parit Delima, Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, yang mana Tim PMI Kalbar melakukan aksi pemadaman dikarenakan asap yang semakin tebal, lahan terbakar yang semakin luas serta angin yang mengepung di area pemadaman lahan, hal tersebut menyulitkan proses pemadaman.

Untuk tim pemadam lahan terbakar yang diterjunkan PMI saat itu terdiri dari 7 orang, terdari tim pemantauan udara, assement lapangan, tim pemadam hingga tim evakuasi kesehatan dengan menggunakan ambulance, mereka bergerak untuk memastikan wilayah yang di jangkau bisa di tangani secara cepat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm