ICATI Kembali Menggelar Pameran Pendidikan Tinggi “2024 Taiwan Higher Education Fair Indonesia (THEFI)

26 Juli 2024 13:30 WIB
ICATI Kembali Selenggarakan Kegiatan Pameran Pendidikan Tinggi  2024 THEFI
ICATI Kembali Selenggarakan Kegiatan Pameran Pendidikan Tinggi  2024 THEFI ( Dok ICATI)

Jakarta,Sonora.Id - Ikatan Citra Alumni Taiwan se-Indonesia (ICATI) kembali menyelenggarakan Kegiatan Pameran Pendidikan “2024 TAIWAN HIGHER EDUCATION FAIR
INDONESIA (2024 THEFI)”. Pameran yang diselenggarakan oleh£=:9# ICATI akan segera dimulai pada Sabtu 3 Agustus di Jakarta, Minggu 4 Agustus di Bandung, Selasa 6 Agustus di Pontianak, Kamis 8 Agustus di Surabaya, dan Sabtu-Minggu 10-11 Agustus di Medan.

2024 THEFI adalah pameran yang kali kedelapan diselenggarakan sejak tahun 2016 dan mendapat
dukungan resmi dari pemerintah Indonesia maupun Taiwan, diantaranya KEMENDIKBUDRISTEK RI, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Ministry of Education Taiwan, dan Taiwan Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta.

Ketua Umum ICATI, Ijoh Dulong mengatakan berlandaskan salah-satu misi ICATI pada bidang pendidikan dan kebudayaan, yaitu “Membantu pemerintah dalam berpartisipasi pada pendidikan nasional dan fokus pada kerjasama pendidikan dan kebudayaan antara Indonesia dan Taiwan”.

"ICATI dan jajaran cabangnya aktif membantu menjembatani antara institusi pendidikan tinggi Indonesia dan Taiwan, mengupayakan pelajar Indonesia untuk memperoleh beasiswa dari Taiwan, membantu perkumpulan pelajar Indonesia di Taiwan, dan lain," kata Ijoh Dulong saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (26/7/2024). Turut hadir Direktur Ministry of Education Taiwan dan Taiwan Economic and Trade Office (TETO) Grace Ou.

"Pameran THEFI telah sering kami selenggarakan setiap tahunnya sebelum pandemi. THEFI mendapat dukungan resmi dari Kementerian Pendidikan Taiwan dan TETO (Taipei Economic and Trade Office) di Jakarta," tambahnya.

Lebih lanjut Ijoh Dulong mengungkapkan banyak perguruan tinggi Taiwan mempunyai reputasi tinggi yang diakui secara internasional, misalnya pada bidang akademik sains dan teknologi, kedokteran, teknik, pertanian dan lain lain. Meskipun biaya kuliah dan hidup di Taiwan relatif lebih rendah daripada di banyak negara lain, Taiwan menawarkan berbagai macam beasiswa dan kesempatan magang kepada pelajar asing.

"Guru sekolah Indonesia juga dapat memanfaatkan peluang beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi Taiwan untuk meng-upgrade diri dengan mengambil program master dan doctoral di Taiwan. Maka 2024 THEFI adalah momen yang sangat berharga untuk mengenal lebih jauh akan perguruan tinggi di Taiwan," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua ICATI Jakarta, Simon Hu dimana ICATI percaya bahwa pameran pendidikan tinggi 2024 THEFI ini akan membawa manfaat besar bagi perguruan tinggi, sekolah dan pelajar Indonesia.

Menurutnya, hubungan yang sangat erat antara ICATI dan perkumpulan pelajar Indonesia di Taiwan: PERPITA dan PPI Taiwan dengan sekolah-sekolah Indonesia dalam mempromosikan 2024 THEFI.

Target pengunjung adalah pendidik, pelajar dan orang tua dari ratusan sekolah di Indonesia. Diperkirakan, Jakarta dikunjungi minimal 8.000, Bandung 3.000, Pontianak 3.000, Surabaya 5.000 dan Medan 5.000 pengunjung.

Sebanyak 58 perguruan tinggi Taiwan dan UECFOCS dengan jumlah delegasi 115 orang yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Direktur dan Staf Departemen>Hubungan Internasional akan berpartisipasi pada 2024 THEFI. Selain memperkenalkan perguruan tinggi masing-masing, mereka juga akan mengeksplorasi kesempatan kerja sama dengan perguruan tinggi, sekolah menengah umum dan kejuruan Indonesia yang dapat saling menguntungkan dua belah pihak.

Banyak perguruan tinggi Taiwan mempunyai reputasi tinggi yang diakui secara  internasional, misalnya pada bidang akademik sains dan teknologi, kedokteran,
teknik, pertanian dan lain lain. Meskipun biaya kuliah dan hidup di Taiwan relatif lebih rendah daripada di banyak negara lain, Taiwan menawarkan berbagai macam beasiswa dan kesempatan magang kepada pelajar asing. Guru sekolah Indonesia juga dapat memanfaatkan peluang beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi Taiwan untuk meng-upgrade diri dengan mengambil program master dan
doctoral di Taiwan.

"2024 THEFI adalah momen yang sangat berharga untuk mengenal lebih jauh akan perguruan tinggi di Taiwan. ICATI percaya bahwa pameran pendidikan
tinggi Taiwan pada tahun 2024 ini akan membawa manfaat besar bagi perguruan tinggi, sekolah dan pelajar Indonesia," tutup Ketua ICATI Jakarta, Simon Hu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm