RSUD SSMA Kota Pontianak Turut Sukseskan PIN Polio 2024

26 Juli 2024 17:10 WIB
Pj Ketua TP PKK Kota Pontianak, Anita Ani Sofian sedang memberikan vaksin Polio kepada salah satu anak peserta PIN Polio di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie.
Pj Ketua TP PKK Kota Pontianak, Anita Ani Sofian sedang memberikan vaksin Polio kepada salah satu anak peserta PIN Polio di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie. ( Istimewa)

Pontianak, Sonora.ID - Dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menggelar pemberian vaksin Polio putaran pertama kepada anak-anak yang sudah didaftarkan sebelumnya melalui google form.

Kegiatan yang diadakan pada Jumat (26/7/2024) itu, dihadiri juga oleh Pj Ketua TP PKK Pontianak, Anita Ani Sofian.

Selain pemberian imunisasi polio, anak-anak yang ikut imunisasi polio juga diberikan cenderamata dengan tujuan memberikan semangat bagi anak-anak tersebut dalam melaksanakan imunisasi.

"Imunisasi Polio sangat penting, kita lihat di luar pulau Kalimantan masih ditemukan anak-anak yang terkena Polio. Sementara seperti yang kita ketahui Polio ini bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian," ujar Direktur RSUD SSMA Pontianak, dr. Eva Nurfarihah, Sp THT-KL.

Menurutnya masih ada sebetulnya di Pontianak, kasus penyakit yang seharusnya bisa hilang dengan imunisasi seperti; campak dan difteri.

Baca Juga: Kejuaraan Bola Voli Kapolda Cup 2024 Resmi Dibuka

Ternyata di Pontianak masih ada angka kejadian kasus yang sebetulnya bisa dicegah dengan Imunisasi.

dr. Eva mengatakan bahwa imunisasi Polio sangat mudah dengan hanya meneteskan 2 tetes vaksin untuk mencegah penyakit yang membahayakan.

"Mudah-mudahan dengan perbuatan kecil dan mudah ini, dapat menjadi sarana untuk mencegah penyakit yang membahayakan dan menghasilkan anak-anak yang sehat, cerdas, serta membahagiakan nusa dan bangsa," ucapnya.

Sementara itu dokter spesialis anak RSUD SSMA Pontianak, Rista Lestari, Sp. A., menjelaskan bahwa Polio merupakan penyakit yang cukup berbahaya bagi anak karena dapat menyerang sistem saraf pusat dan bisa mengakibatkan kelumpuhan, serta cacat yang sifatnya permanen.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm