Pj Bupati Kubu Raya Beri Penghargaan Kepada 3 Desa Zero Stunting

31 Juli 2024 12:40 WIB
Pj bupati Kubu Raya Beri Penghargaan Kepada 3 Desa Zero Stunting
Pj bupati Kubu Raya Beri Penghargaan Kepada 3 Desa Zero Stunting ( Ist)

Sonora.ID – Dalam upaya mempercepat penurunan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengadakan Rembuk Stunting pada Rabu (24/7/2024) di Aula Merbau Qubu Resort, Sungai Raya. Acara ini diselenggarakan oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kubu Raya dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk jajaran pemerintah daerah, lembaga vertikal, serta organisasi nonpemerintah.

“Dengan rembuk ini diharapkan ada sebuah roadmap atau peta jalan dari hulu sampai hilir terkait siapa berbuat apa. Sehingga tidak berbicara tentang bagaimana hilirnya, tetapi dari hulu. Karena roadmap ini adalah digunakan agar tidak muncul stunting baru,” ucap Kamaruzaman.

Kamaruzaman mengungkapkan bahwa penurunan angka stunting dilakukan secara menyeluruh melalui berbagai kewenangan yang dimiliki masing-masing pihak terkait.

Menurutnya, upaya penurunan stunting harus dimulai dari hulu hingga hilir, mencakup seluruh aspek yang mempengaruhi stunting. Dengan koordinasi yang erat antara pemerintah, masyarakat, dan sektor terkait lainnya, diharapkan penurunan angka stunting dapat tercapai secara efektif dan berkelanjutan.

“Supaya tidak muncul stunting baru. Makanya kita terus melakukan percepatan penurunan stunting yang sudah ada dengan pola jemput bola, baik dari proses penimbangan di posyandu maupun pemberian asupan tambahan dan nanti kita akan evaluasi progresnya,” ujar dia.

Baca Juga: Pj Gubernur Kalbar Hadiri PESKHABI 2024, Sambut Positif Upaya Deteksi Dini Kanker Rahim

Kamaruzaman mengatakan upaya menekan angka stunting juga dilakukan dengan berkolaborasi bersama tim pemerintah provinsi yang sudah mempunyai program Gerakan Orang Tua Asuh Anak Stunting untuk pencegahan dan penurunan stunting.

“Nanti kita lihat, berapa anak yang sudah sudah keluar dari stunting,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Kamaruzaman juga memberikan penghargaan kepada tiga desa yang telah zero atau nihil stunting. Ketiga desa itu yakni Sungai Bulan, Mengkalang Jambu, dan Pematang Tujuh.

“Mudah-mudahan ke depan desa-desa lainnya juga bisa mengikuti,” harapnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam selaku Ketua TPPS Kubu Raya mengatakan pihaknya terus melakukan upaya penurunan stunting dengan target zero stunting. Hal itu dilakukan dengan membuat program-program kolaboratif bersama berbagai elemen yang ada, baik instansi pemerintah, dunia usaha, maupun organisasi kemasyarakatan.

“Semua elemen yang ada di Kubu Raya kita libatkan dalam rembuk ini. Bagaimana program untuk percepatan penurunan stunting ini maupun pencegahannya supaya jangan terjadi lagi. Mudah-mudahan dengan kerja sama atau kolaborasi ini bisa lebih dipercepat lagi penurunan stunting di Kubu Raya,” harapnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm