Pj Bupati PPU Makmur Marbun Salurkan Bantuan Sosial Korban Kebakaran Pasar Petung

1 Agustus 2024 09:50 WIB
Pj Bupati PPU Makmur Marbun Salurkan Bantuan Sosial Korban Kebakaran Pasar Petung
Pj Bupati PPU Makmur Marbun Salurkan Bantuan Sosial Korban Kebakaran Pasar Petung ( Diskominfo PPU)

Penajam, Sonora.ID - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menyerahkan bantuan kepada 80 korban jiwa korban terdampak kebakaran yang terdiri dari 20 Kepala Keluarga kebakaran kios dan ruko yang terjadi di area pasar petung, Rt.009 Kelurahan Petung Kecamatan Penajam, Rabu Malam (31/7/2024) 

Pasca kebakaran yang terjadi pada 30 Juli 2024 tersebut yang menghanguskan 12 bangunan kios, dan 3 ruko sebagai tempat tinggal. Pemerintah Kabupaten PPU langsung melakukan upaya penanganan dampak pasca kebakaran kepada para masyarakat terdampak.

Selaku Pj. Bupati PPU, Makmur Marbun bersama unsur dinas terkait langsung melakukan penanganan dampak pasca kebakaran dengan memberikan sejumlah bantuan sosial seperti sembako dan kebutuhan pokok lainnya kepada para korban terdampak. 

"Bantuan ini merupakan wujud dari perhatian dan hadirnya Pemerintah Kabupaten PPU bersama unsur terkait lainnya dalam penanganan musibah kebakaran yang dialami oleh saudara-saudara kita di Rt.09 Kelurahan Petung". Kata Marbun

Selanjutnya, Marbun menerangkan selain memberi bantuan pihaknya juga akan melakukan diskusi terkait langkah yang akan diambil terkait perbaikan pasar kedepannya.

Baca Juga: Kejari PPU Gelar Pentas Seni dan Gebyar UMKM dalam Rangka Meriahkan Hari Bhakti Adiyaksa dan HUT Ikatan Adiyaksa Darmakarini

" Para korban kebakaran ini dari data yang diperoleh hanya 3 yang bermukim di lokasi, selebihnya para korban hanya menyewa kios untuk berdagang dan memiliki tempat tinggal lain sehingga selaku pemerintah daerah akan melihat serta merumuskan langkah apa selanjutnya yang dilakuan selain pemberian bantuan sosial untuk waktu dekat ini", Jelas Marbun.

Untuk itu, Ia meminta kepada para korban terdampak untuk bersabar, usai penyerahan bantuan sosial ini, Pemkan PPU melalui BPBD, Dinsos dan unsur pendukung lainnya akan berdiskusi dan rapat untuk menentukan langkah-langkah apa yang akan kita ambil.

"Ini bukti pemerintah sudah hadir dan sungguh-sungguh turun langsung membantu warganya yang memang memerlukan perhatian atas musibah kebakaran yang terjadi", tegasnya.

Berkaitan kejadian kebakaran di area Pasar Petung yang sudah 2 kali dalam kurun beberap bulan, Marbun mengungkapkan bahwa sesungguhnya dari kejadian ini ada sesuatu yang harus dibenahi, misalnya kondisi pemukiman yang sudah kurang layak dari sisi instalasi listriknya, ataupun hal lainnya. 

"Kebakaran di area pasar ini sudah kali ke-2 dalam setahun ini, tentunya sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk menata pemukiman dan pasar yang lebih baik, seperti memindahkan pasar dengan membuat pasar yang baru, dan proses ini terus dilakukan oleh Pemkab PPU," Pungkasnya.

Pada penyerahan bantuan sosial tersebut, turut hadir Asisten II Bidang Perekonomian, Kadis Dinsos, Kepala Dinas KUKMPERINDAG, Kepala Dinas BPBD PPU, Camat Penajam dan Lurah Petung serta masyarakat Rt. 009. (hms13).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm