DPRD Kalimantan Selatan Dukung 'Mars Bergerak' Jadi Mars Daerah

2 Agustus 2024 09:55 WIB
Rapat BP Perda DPRD Kalsel terkait Mars Bergerak
Rapat BP Perda DPRD Kalsel terkait Mars Bergerak ( Humas DPRD Kalsel)

Banjarmasin, Sonora.ID - Popularitas 'Mars Bergerak' yang diciptakan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, pada 2018 lalu, diakui oleh banyak kalangan.

Lagu dengan nada penuh semangat itu kerap dinyanyikan dalam banyak acara, seperti Rapat Paripurna DPRD Provinsi, pembukaan kegiatan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi maupun instansi dan lembaga lainnya.

Dukungan untuk menjadikan lagu tersebut menjadi mars daerah, diungkapkan pihak legislatif dalam rapat belum lama ini.

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) DPRD Kalimantan Selatan mendukung usulan Raperda tentang Mars Bergerak yang diajukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi.

Dalam rapat koordinasi dan harmonisasi usulan Raperda tentang Mars Bergerak, Anggota BP Perda DPRD Kalimantan Selatan, Gusti Abidinsyah, mengungkapkan bahwa lagu tersebut layak jadi lagu resmi pemerintah daerah.

"Lagu ini sebagai penyemangat dan selama ini menjadi setengah wajib untuk dikumandangkan," tuturnya.

Baca Juga: Gibran Bakal Buka Porwanas, Ketum PWI Pusat: Kita Sukseskan Bersama, Ini Kerja Besar PWI

Pada kesempatan rapat, dirinya sudah meminta pihak pengusul, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, serta Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan selaku fasilitator, untuk menyiapkan materi raperda.

Mulai dari naskah akademik, draf raperda, hingga tim penyusun.

Pengusul menurutnya juga harus menyusun alokasi anggaran yang diperlukan agar dapat masuk dalam APBD Perubahan Tahun 2024.

Ia menargetkan, usulan tersebut dapat segera diajukan agar selesai pada tahun ini.

"Lagu ini memang cukup penting ya, jadi harus segera kita selesaikan," pungkas Abidin.

Lirik 'Mars Bergerak' berisikan ajakan dan harapan kepada masyarakat Kalimantan Selatan untuk menyatukan tekad mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Kata 'Bergerak' pada judul mars juga merupakan akronim dari kalimat 'bersama gelorakan rakyat', yang diharapkan dapat membangkitkan semangat warga Banua.

Tak hanya membangun Kalimantan Selatan, tapi juga Indonesia.

'Mars Bergerak' juga sudah beberapa kali dilombakan dalam bentuk paduan suara.

Selain sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, lomba paduan suara juga jadi salah satu upaya menyempurnakan lagu tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm