Waspada Potensi Rob 3 - 6 Agustus 2024

2 Agustus 2024 12:36 WIB
Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, Bayu Santoso
Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, Bayu Santoso ( Ist)

Pontianak, Sonora.ID - Kota Pontianak dan sekitarnya dua hari belakangan sempat diguyur hujan di tengah kemarau kemarau yang cukup panjang mulai dirasakan masyarakat. Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, Bayu Santoso mengatakan hujan yang sempat turun kemarin mungkin disebabkan oleh pola angin.

"Untuk saat ini mungkin diperkirakan terjadi belokan angin di wilayah Kalimantan Barat sehingga mempengaruhi pertumbuhan awan di Kalbar, "ujar Bayu.

Maka dari itu lanjutnya, potensi hujan di Kalbar diperkirakan satu hingga dua hari ke depan masih merata sampai keesokan harinya lagi di sebagian besar wilayah Kalbar.

Sementara untuk pasang surut air laut pada tanggal 3 sampai dengan tanggal 6 Agustus untuk wilayah Pontianak setinggi 1,7 m sampai dengan 1,8 m.

"Diperkirakan jika air mencapai ketinggian tersebut akan menimbulkan potensi rob, sehingga untuk wilayah kota Pontianak yang biasa mengalami rob diharapkan waspada ketika air pasang tinggi di tanggal 3 - 6 Agustus, "jelasnya.

Baca Juga: Transera Hotel Hadirkan Wedding Corner, Pilihan Vendor Terbaik untuk Calon Pengantin

Update peringatan dini cuaca di Kalimantan Barat tgl 1 Agustus 2024 pkl 17:10 WIB masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pkl. 17:40 WIB di Kabupaten Sanggau: Kapuas, Noyan,Bonti, Kembayan, Kabupaten Ketapang meliputi Marau, Manis Mata, Kendawangan, Sandai, Simpang Hulu, Nanga Tayap, Jelai Hulu, Hulu Sungai, Air Upas, Singkup.

Berikutnya Kabupaten Sintang meliputi wilayah Tempunak, Sepauk, Dedai, Kayan Hilir, Sungai Tebelian, Kabupaten Sekadau: Sekadau Hilir, Sekadau Hulu, Kabupaten Melawi: Belimbing, Nanga Pinoh, Sokan, Pinoh Utara, dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Sanggau: Mukok, Jangkang, Parindu, Meliau, Kabupaten Ketapang meliputi wilayah Sungai Laur, Matan Hilir Selatan, Tumbang Titi, Benua Kayong, Simpang Dua, Pemahan, Sungai Melayu Rayak,
Kabupaten Sintang meliouti Sintang, Ketungau Hilir, Ketungau Tengah, Ketungau Hulu, Kayan Hulu, Serawai,Ambalau, Kelam Permai, Binjai Hulu,

Kabupaten Sekadau: Nanga Taman, Nanga Mahap, Belitang Hilir, Belitang Hulu, Belitang, Kabupaten Melawi:Ella Hilir, Menukung, Sayan, Tanah Pinoh, Pinoh Selatan, Belimbing Hulu, Tanah Pinoh Barat, Kabupaten Kayong Utara meliputi wilayah Simpang Hilir, dan sekitarnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm