Termasuk Daerah Dengan Kasus TB Tinggi, Jabar Dapat Bantuan 5 Portable X-Ray Dari Kemenkes RI

3 Agustus 2024 21:55 WIB
Menkes Budi (batik merah) bersama Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat melihat Portable X-Ray di Gedung Sate, Jumat (2/8/2024)
Menkes Budi (batik merah) bersama Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat melihat Portable X-Ray di Gedung Sate, Jumat (2/8/2024) ( Dok. Adpim Pemprov Jabar)

Sonora.id - Dalam sebuah Kampanye TBC pada peringatan Hari Anak Nasional 2024 yang dipusatkan di Gedung Sate Bandung, Jumat (2/8/2024), Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memberikan bantuan 5 (lima) alat skrining Tuberkolosis (TB) bernama Portable X-Ray untuk Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Menkes Budi mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mendistribusikan Portable X-Ray ke daerah-daerah dengan kasus TB yang tinggi. Salah satu daerah prioritas adalah Kota Bandung, Jawa Barat, yang memiliki angka kasus TB yang cukup signifikan.

“Butuhnya untuk nasional, kami merasa masing-masing provinsi harus punya 2 alat Portable X-Ray, tapi saat ini kami mau prioritaskan ke provinsi-provinsi yang tinggi kasus TBC-nya,” kata Menkes Budi di Gedung Sate.

Menkes Budi menyebut, untuk menjangkau Jabar yang terdiri dari 27 kabupaten/kota, memerlukan waktu lama, sehingga tidak memungkinkan untuk mendeteksi secara fisik. Namun deteksi bisa dimaksimalkan dengan metode tes dahak atau tes darah.

Baca Juga: Menkes Dukung Kebijakan Penduduk Tumbuh Seimbang, Kepala BKKBN : Rerata Satu Anak Bukan Kewajiban

"Karena itu tidak bisa diobservasi secara fisik, jadi harus dengan metode rontgen atau tes darah atau tes dahak pakai alat yang namanya TCM seperti PCR," sebut Menkes Budi.

"Tapi mengeluarkan dahaknya itu susah terutama untuk anak-anak, kalau dewasa mungkin lebih mudah, makanya anak-anak lebih banyak pakai rontgen, cuma rontgen itu terbatas karena harus di rumah sakit. Itu sebabnya alat ini (X-Ray) yang bisa dibawa (portabel)," jelas Menkes Budi.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Bey Machmudin yang menerima langsung Portabel X-Ray dari Menkes Budi, menyampaikan ungkapan terima kasih dan menyambut baik bantuan tersebut karena dapat mendeteksi penyebaran TBC secara lebih massif.

Kepada media, Bey menyebut bahwa lima Portabel X-Ray tersebut akan didistribusikan ke rumah sakit dengan spesialisasi penyakit paru dan pernapasan.

Baca Juga: Kemenkes Tunjuk Bio Farma Kawal 10 Delegasi OIC Comstech Dari 9 Negara Belajar Vaksin

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm