Bey Harap Sinergi Anggota DPRD Kota Bandung Dengan Pemkot Makin Massif

6 Agustus 2024 12:35 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin ucapkan selamat kepada anggota DPRD Kota Bandung yang baru saja dilantik
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin ucapkan selamat kepada anggota DPRD Kota Bandung yang baru saja dilantik ( Dok. Diskominfo Jbr)

Bandung, Sonora.ID – Sedikitnya ada 50 anggota DPRD periode 2024-2029 mengikuti pengambilan sumpah jabatan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung di Gedung DPRD Jalan Sukabumi Bandung, Senin (5/8/2024).

Turut hadir Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam Rapat Paripurna DPRD tersebut 
 
"Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat kami mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD Kota Bandung yang dilantik. Semoga amanah yang telah diberikan masyarakat dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab, integritas, dan berdedikasi," kata Bey Machmudin. 
 
Bey menyebut, Kota Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jabar tentu mempunyai kedudukan strategis dalam berbagai aspek pembangunan, maka DPRD sebagai perwakilan rakyat juga memiliki peran penting dalam mengawal pembangunan yang berkelanjutan dan transparan. 
 
Ia yakin anggota DPRD Kota Bandung terpilih dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, terutama menjalankan tiga fungsi utama DPRD, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan. 
 
"Ketiga fungsi ini saya yakin dapat dijalankan optimal untuk memastikan setiap kebijakan yang diambil benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat," tegas Bey. 
 
Bey pun mendorong sinergi DPRD dan Pemkot Bandung sebagai kunci sukses pembangunan dan semakin massif.
 
Secara khusus Bey menekankan fungsi pengawasan dalam berbagai aspek pemerintahan mulai dari pelaksanaan peraturan daerah, kebijakan publik hingga penggunaan anggaran dijalankan dengan tegas, namun tetap konstruktif. 
 
"Pengawasan yang baik akan mendorong terciptanya pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintahan," ucap Bey. 
 
"Saya yakin dengan komitmen yang kuat kita dapat mewujudkan Kota Bandung yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing," tambahnya. 
 
Ketua DPRD Kota Bandung periode 2019- 2024, Tedy Rusmawan menyampaikan bahwa DPRD dan pemerintah daerah merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi dalam kehidupan demokrasi. 
 
"Kami telah berupaya untuk mewujudkan berbagai kebijakan dan menyelesaikan berbagai persoalan dengan dasar pertimbangan yang mengedepankan semangat kepentingan masyarakat yang lebih besar," kataTedy. 
 
Pada rapat paripurna saat itu juga ditetapkan pimpinan sementara DPRD Kota Bandung masa jabatan 2024-2029, sebelum terbentuknya pimpinan DPRD Kota Bandung definitif. 
 
Kursi pimpinan sementara diduduki oleh Agus Andi Setyawan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai ketua, dan Maya Himawati dari Partai Gerindra sebagai wakil ketua. 
 
Selanjutnya, para anggota DPRD Kota Bandung harus segera membentuk fraksi dan menetapkan formasi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang baru, mulai dari Pimpinan, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Kehormatan, Bapemperda dan Komisi-komisi. 
 
Ketua DPRD Kota Bandung 2024-2029 Sementara Agus Andi Setyawan menghaturkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan berbagai pihak, termasuk masyarakat sehingga di tahun ini dilantik sebanyak 50 orang anggota DPRD Kota Bandung masa jabatan 2024- 2029. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Ikut Saksikan Penampilan Teater Ruang Publik Festival di Kawasan Braga

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm