Pemda Ketapang Dukung Proyek Strategis SUTT 150 kV Kendawangan-Sukamara

7 Agustus 2024 11:30 WIB
PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang.
PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang. ( )

Ketapang, Sonora.ID - Pada tanggal 6 Agustus 2024, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang di Kantor Bupati Ketapang.

Kunjungan ini diterima oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Pemda Ketapang, Maryadi Asmui, bersama dengan perwakilan dari Bappeda dan Dinas Tata Ruang Kabupaten Ketapang. 

Sementara pihak PLN, audiensi diwakili oleh Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) KLB 2, Dony Cahya Hari Mulya, serta perwakilan dari Unit Pelaksana, Pelayanan, dan Pelanggan (UP3) Ketapang.

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas perkembangan proyek dan kerjasama yang akan memperkuat sinergi antara PLN dan pemerintah daerah.

Pada audiensi tersebut, PLN menyampaikan gambaran besar terkait proyek interkoneksi kelistrikan antara provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah, salah satunya dan yang menjadi sorotan utama adalah proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kendawangan–Sukamara yang terletak di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Sukamara.

Manager UPP 2 PLN UIP KLB, Dony Cahya Hari Mulya memaparkan bahwa pembangunan SUTT 150 kV Kendawangan-Sukamara merupakan proyek yang sangat strategis karena dengan SUTT tersebut  akan berdampak pada penurunan

peristiwa "mati lampu" khususnya di kabupaten Ketapang karena adanya tambahan suplai listrik dari provinsi Kalimantan Tengah. Selanjutnya, proses pembangunan SUTT 150 kV Kendawangan – Sukamara telah mematuhi perizinan sesuai dengan aturan yang berlaku, “Saat ini, progress proyek SUTT 150 kV Kendawangan – Sukamara telah mencapai 88 persen dan ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2024. Berkenaan dengan hal tersebut, pembangunan ini telah kami lakukan sesuai prinsip _Good Corporate Governance_ atau Tata Kelola Perusahaan sejak Pra-Konstruksi,”terangnya.

“Selain itu kami juga mengedepankan prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam melaksanakan pembangunan proyek ini.  Oleh karena itu, untuk mencapai kelancaran dan keberlangsungan proyek ini dengan baik, kami mohon dukungan dari masyarakat dan pemerintah agar tercapai keandalan listrik di Kalimantan khususnya Kalimantan Barat,” ujar Dony.

Menanggapi hal tersebut, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Pemda Kab. Ketapang, Maryadi Asmui menyatakan dukungan terhadap rencana pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan yang ada di Kabupaten Ketapang.

Dia mengatakan Listrik merupakan instrumen vital yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat, maka dari itu Pemda Kabupaten Ketapang mendukung rencana pengembangan yang akan dilakukan oleh PLN.

Apabila terdapat kendala yang dihadapi oleh PLN, ia menyatakan siap berkolaborasi untuk mencari solusinya. 

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Ketapang yang telah menyambut kunjungan kami dengan hangat serta dukungan yang diberikan terkait rencana pengembangkan infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Ketapang melalui proyek Interkoneksi ini. Semoga sinergi ini dapat terjaga sehingga listrik yang andal dan berkualitas dapat terus dinikmati oleh masyarakat Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Ketapang” kata Dony.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Tim Voli Putri Melawi Juara Kapolda Cup 2024

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm