Pajak DIY Selenggarakan Pajak Bertutur di SMA Teladan Yogyakarta

7 Agustus 2024 23:16 WIB
Pajak Bertutur bersama Kanwil DJP DIY di SMAN 1 Yogyakarta.
Pajak Bertutur bersama Kanwil DJP DIY di SMAN 1 Yogyakarta. ( )

Yogyakarta, Sonora.ID – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) DIY bekerja sama dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 “Teladan” Yogyakarta sebagai salah satu mitra inklusi, menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur.

Kegiatan pajak bertutur dengan tema “Lampaui Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas” dengan tagline “Sehari Mengenal Selamanya Bangga” ini di ikuti oleh sekitar 70 siswa kelas XI dan dilaksanakan di Aula Katamso  SMA N 1  “Teladan” Yogyakarta, Jalan HOS Cokroaminoto No 10 Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Pajak bertutur merupakan salah satu kegiatan dari inklusi kesadaran pajak. 

Maksud dari Inklusi kesadaran pajak adalah untuk mengintegrasikan nilai-nilai kesadaran pajak dalam sistem pendidikan nasional agar dapat diajarkan secara terstruktur, sistematis, dan berkesinambungan.

Melalui kurikulum, pembelajaran, perbukuan, dan kesiswaan/ kemahasiswaan dengan  tujuan jangka panjang adalah untuk membangun generasi penerus bangsa yang berkualitas, berkarakter dan menunjukkan nilai-nilai kesadaran pajak sebagai bagian dari bela negara dan cinta tanah air.

Kanwil DJP DIY sudah menjalin mitra inklusi dengan 3 (tiga) perguruan tinggi dan 5 (lima) SMA. Tiga perguruan tinggi tersebut adalah STIE YKPN, Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sedangkan untuk tingkat SMA adalah SMA N 1”Teladan” Yogyakarta, SMA N 1 Sleman, SMA N 1 Bantul dan SMA N 1 Wates dan SMA N 1 Wonosari. 

Kepala Kanwil DJP DIY Erna Sulistyowati dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pajak bertutur ini dilakukan secara  rutin setiap tahun dan serentak di seluruh  Indonesia.

Kegiatan yang  mengajarkan nilai-nilai kesadaran pajak oleh pegawai DJP kepada peserta didik mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi ini dilakukan secara berkesinambungan dengan tujuan memberikan pemahaman tentang pajak sebagai pilar utama  pembangunan bangsa.

Acara diisi dengan kegiatan penyampaian materi kesadaran pajak selama 1 jam pelajaran oleh tim penyuluh pajak, permainan edukatif dan kuis untuk menanamkan pengetahuan perpajakan dengan cara yang lebih santai dan menarik serta pemberian Edutax Award kepada para mitra inklusi yang sudah melaksanakan program inklusi kesadaran pajak.

"Pajak bertutur merupakan acara yang sudah berjalan selama 8 tahun dan digelar setiap satu tahun sekali. Dengan tujuan edukasi kepada generasi muda agar mereka tahu apa itu pajak dan manfaatnya, sehingga di masa depan  mereka akan menjadi pembayar pajak yang taat, bahkan mereka akan merasa bangga membayar pajak," tutur Erna. 

Melalui acara ini, Erna berharap agar tercipta generasi muda yang cerdas dan taat pajak sehingga akan membantu pembangunan negeri di masa depan.

Selain itu juga terbentuk generasi yang tidak lagi merasa terpaksa dalam membayar pajak, tetapi justru bangga dengan membayar pajak, karena dengan begitu mereka sadar telah berkontribusi untuk negeri.

Kepala Sekolah SMA N 1 “Teladan” Yogyakarta, Jumadi,  mengatakan bahwa acara ini sekaligus  sosialisasi interaktif dan edukasi inklusi kesadaran pajak. Total ada 70 peserta yang terlibat. 

Jumadi mengucapkan terima kasih kepada Kanwil DJP DIY, karena telah mempercayakan SMA N 1 “Teladan” Yogyakarta menjadi tempat untuk kegiatan pajak bertutur tahun 2024.

“Saya berterima kasih sekali, karena sudah dipercaya sebagai tempat kegiatan pajak bertutur sekaligus untuk inklusi kesadaran pajak,” ungkap Jumadi.

Beliau juga menceritakan bahwa para anak didiknya juga mengikuti  perlombaan Bedah APBD yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan di Jakarta.

"Kita beberapa waktu yang lalu juga ikut perlombaan “Bedah APBD” di Jakarta. Peserta Bedah APBD itu adalah perwakilan siswa dari sekolah di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dan Alhamdulillah kita mendapat juara harapan dua,” pungkasnya. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

 

 

Baca Juga: Pajak Bertutur 2024, Investasi Jangka Panjang di Bidang Pendidikan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm