Polda Sumsel Gelar Rakernis SDM: Wujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2024

9 Agustus 2024 20:51 WIB
Polda Sumsel Gelar Rakernis SDM: Wujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2024
Polda Sumsel Gelar Rakernis SDM: Wujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2024 ( humas polda sumsel)

Palembang, Sonora.ID – Untuk mewujudkan SDM unggul serta dalam rangka mendukung visi Indonesia Emas 2024.

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M. Zulkarnain, SIK, MSi, yang mewakili Kapolda Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIK, secara resmi membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sumsel.

Acara ini digelar di Lantai VII Auditorium Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang, pada Kamis, 8 Agustus 2024.  

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol M. Zulkarnain, Kapolda menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk mewujudkan kepolisian negara yang presisi, unggul, dan dicintai masyarakat.

Ia juga menyoroti tantangan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang semakin memperketat persaingan di berbagai sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Polri, khususnya Polda Sumsel, membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang tugas dan fungsi untuk mendukung capaian dan sasaran institusi,” ungkap Alumni Akpol 94 ini.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIK, juga mengapresiasi prestasi Biro SDM Polda Sumsel yang berhasil meraih penghargaan kategori Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB) Republik Indonesia.

Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi Biro SDM Polda Sumsel dan jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada personel Polda Sumsel dan masyarakat, terutama dalam hal rekrutmen anggota Polri serta mutasi dan promosi jabatan di jajaran Polda Sumsel.

Kapolda juga menekankan pentingnya peningkatan kinerja Kabag SDM di jajaran Polda Sumsel, khususnya pada empat aspek utama: keterampilan komunikasi, pengetahuan, tingkah laku, dan integritas.

Ia menekankan bahwa SDM yang unggul, berintegritas, dan kompeten serta adaptif terhadap perubahan zaman sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan, terutama dalam mencapai visi Indonesia Emas 2024.

Rakernis ini juga difokuskan pada beberapa agenda utama, seperti penguatan kompetensi personel melalui program pelatihan, peningkatan kesejahteraan anggota, serta implementasi teknologi informasi dalam manajemen SDM.

“Dengan adanya Rakernis ini, diharapkan Polda Sumsel dapat lebih siap menghadapi dinamika tugas dan tanggung jawab di masa mendatang. SDM yang unggul dan berdaya saing akan menjadi kunci utama dalam menciptakan keamanan dan ketertiban yang lebih baik serta mendukung tercapainya tujuan nasional menuju Indonesia Emas 2024,” ujar Wakapolda.

Rakernis ini dihadiri oleh Wakapolda, Irwasda, Karo SDM, serta para pejabat utama Polda Sumsel.

Turut hadir Assisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan RB, Assisten Ahli dari UNSRI Palembang, staf ONS dari Bank BRI Palembang, IPDA Herman Hadi Basuki (Pak Babin) dari Mabes Polri, serta para Wakapolres, Kabag SDM, Kasi Propam, dan operator bidang SDM jajaran. Mereka yang mengemban fungsi SDM juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan Rakernis ini juga dilakukan penyerahan santunan kepada keluarga Iptu Anumerta Rivan Arief, SH, MSi yang gugur dalam tugas beberapa waktu lalu.

Penghargaan juga diberikan kepada para pemenang kategori Bagsdm Satwil Terbaik, dengan rincian sebagai berikut:

Kategori Bagsdm Satwil Terbaik:

  • Juara 1: Polres Prabumulih
  • Juara 2: Polres OKU Timur
  • Juara 3: Polres Muba
  • Harapan 1: Polres Muara Enim
  • Harapan 2: Polres Lahat
  • Harapan 3: Polres Ogan Ilir

Kapolda berharap prestasi ini dapat menjadi contoh dan diikuti oleh polres jajaran lainnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Polda Sumsel Siapkan Pengamanan Ketat untuk Kongres PMII ke-XXI di Palembang Sumber

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm