Gangguan Listrik di Tahuna, Percepatan Major Overhaul Jadi Solusi PLN Normalisasi Suplai Listrik Secepatnya

8 Agustus 2024 18:55 WIB
PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna bersama dengan PLN Nusantara Power dan PLN Nusa Daya menyampaikan informasi terkait gangguan suplai listrik yang terjadi di wilayah Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.
PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna bersama dengan PLN Nusantara Power dan PLN Nusa Daya menyampaikan informasi terkait gangguan suplai listrik yang terjadi di wilayah Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. ( )

Sonora.id - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna bersama dengan PLN Nusantara Power dan PLN Nusa Daya menyampaikan informasi terkait gangguan suplai listrik yang terjadi di wilayah Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Gangguan ini bersumber dari dua unit mesin pembangkit di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tahuna yang mengalami gangguan.

M. Fauzan, Manager PLN UP3 Tahuna, menjelaskan bahwa gangguan ini telah mengakibatkan suplai listrik kepada masyarakat dan pelanggan PLN di Tahuna menjadi tidak maksimal.

“Kami menyadari dampak signifikan dari gangguan ini terhadap aktivitas sehari-hari masyarakat. Untuk itu, kami mohon maaf dan meminta pengertian serta kesabaran dari pelanggan kami,” ujar Fauzan.

Saat ini tercatat suplai listrik yang terganggu pada PLTD Tahuna sebesar 1 megawatt (MW). Dengan keadaan ini, PLN terpaksa harus mengatur kembali beban listrik yang disalurkan kepada pelanggan agar mesin pembangkit yang bekerja tidak terbebani dan terhindar dari gangguan yang tidak diinginkan.

Sebagai tindak lanjut, PLN telah melakukan langkah-langkah perbaikan yang dimulai dengan melakukan Major Overhaul pada satu unit mesin pembangkit di PLTD Tahuna. Langkah ini melibatkan survey dan evaluasi kondisi pembangkit, pengadaan komponen pembangkit, pekerjaan perbaikan, hingga penormalan, untuk memastikan semua komponen mesin dapat bekerja dengan baik dan mencegah gangguan susulan saat suplai listrik kembali normal.

“Major Overhaul ini adalah langkah penting untuk memastikan keandalan mesin pembangkit kami. Dengan melakukan perbaikan menyeluruh, kami berusaha mencegah gangguan serupa di masa mendatang,” tambah Fauzan.

Proses Major Overhaul diproyeksikan akan selesai dan unit pembangkit tersebut dapat beroperasi kembali pada minggu ketiga bulan Agustus. Sementara itu, satu unit mesin pembangkit lainnya sedang dalam tahap pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui keterkaitan secara komprehensif agar tidak ada dampak gangguan susulan setelah mesin selesai diperbaiki.

“Kami berkomitmen untuk menormalkan suplai listrik di Tahuna secepat mungkin. Tim kami akan bekerja siang dan malam untuk memastikan mesin yang terganggu bisa kembali beroperasi dengan normal. Saat ini, kami terpaksa melakukan penghentian suplai listrik sementara kepada pelanggan di Tahuna demi keamanan dan kelancaran proses perbaikan,” tambah Fauzan.

PLN UP3 Tahuna berterima kasih atas pengertian dan dukungan dari seluruh pelanggan selama proses perbaikan ini berlangsung.

“Kami berupaya keras untuk memberikan layanan yang terbaik dan menjamin suplai listrik yang andal bagi seluruh pelanggan di Tahuna,” tutup Fauzan.

Tag:
Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm