Pemerintah Persiapkan Prestasi Olahraga Nasional Sejak Hulu hingga Hilir

13 Agustus 2024 16:46 WIB
Biro Hukum, Persidangan, Organisasi dan Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
Biro Hukum, Persidangan, Organisasi dan Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( )

Sonora.ID -.Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Warsito mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk memajukan sektor olahraga nasional.
 
Wujud komitmen pemerintah dalam memajukan olahraga nasional yaitu dengan telah terbentuknya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 
 
"Inilah arah bagaimana pemerintah berkomitmen memajukan olahraga nasional dengan 4 pilar utama, yaitu olahraga pendidikan, olahraga masyarakat, olahraga prestasi, dan olahraga industri," ujarnya dalam kegiatan Deputy Meet The Press, Media Center Kantor Kemenko PMK, pada Senin (12/8/2024).
 

Warsito menjelaskan, 4 pilar yang telah termaktub dalam DBON tersebut menjadi acuan penting dalam strategi pemajuan olahraga, dan menuju masyarakat Indonesia yang bugar.
 
Selain itu, juga diharapkan menjadi acuan membentuk atlet berprestasi
untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.
 
Deputi Warsito menyampaikan, untuk memajukan olahraga maka pemerintah mendukung mulai dari hulu ke hilir.

Dari hulu, pemerintah memulai persiapkan dalam pembinaan olahraga prestasi sejak dini.
 
Bibit-bibit atlet muda sejak sekolah ketika memiliki potensi besar, maka akan dilirik oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek untuk kemudian difokuskan dalam pembinaan prestasi. 

 
"Ini benar-benar mendapatkan pendidikan dan pelatihan ketika talenta keolahragaan muncul. Nanti kita koordinasikan dengan Puspresnas di Kemdikbudristek untuk menggali potensi talenta muda yang nanti ini linear dalam kancah global," ujarnya.
 
Lebih jauh, Warsito menyampaikan bila talenta muda sudah terlihat, maka akan terus dikawal dan dibina sampai hilirnya bisa meraih prestasi terbaik sampai bisa berkancah di tingkat nasional hingga global.
 
Dia menerangkan, melalui Puspresnas, Kemendikbudristek akan mengawal sekolah atau kampus benar-benar fokus melakukan pembinaan untuk memetakan talenta muda. 
 
"Juga akan diberikan afirmasi beasiswa baik siswa menengah atau perguruan tinggi untuk memberikan kelonggaran afirmasi sehingga mereka bisa terus melanjutkan studinya. Dan mendorong adanya perguruan tinggi khusus atlet sehingga tidak tertinggal dari pendidikan," jelasnya.
 
Selain itu juga, Warsito menerangkan, nantinya melalui DBON juga implementasinya akan diturunkan ke daerah melalui Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD) hingga tingkat kabupaten kota. Sehingga pengawalan talenta muda akan terus dikawal penuh dari pemerintah pusat hingga daerah.
 
Deputi Warsito juga mengomentari capaian Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Menurutnya, prestasi yang diraih Indonesia sudah sangat baik yaitu peringkat 39 dengan total 2 medali emas dan 1 perunggu. 
 
"Terkait dengan capaian saat ini kita tetap bersyukur dan sangat bangga atas capaian putra putri kita dalam Olimpiade. Kita nomor 2 di bawah Filipina untuk negara Asean. Dan ini suatu yang sangat penting. Tentu kita tidak terlena dan terus mendorong memotivasi atlet kita untuk meningkatkan prestasinya," ujar Deputi Warsito.

Baca Juga: Inilah Jenis Olahraga yang Cukup Efektid untuk Mengurangi Depresi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm