10 Contoh Sambutan Ketua RT Malam Tirakatan 17 Agustus, Mudah Dihafal

14 Agustus 2024 17:15 WIB
Ilustrasi 10 Contoh Sambutan Ketua RT Malam Tirakatan 17 Aagustus, Mudah Dihafal
Ilustrasi 10 Contoh Sambutan Ketua RT Malam Tirakatan 17 Aagustus, Mudah Dihafal ( Pixabay/Pexels)

Sonora.ID – Malam tirakatan adalah tradisi dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI yang biasanya digelar pada 16 Agustus malam hari.

Pada malam tirakatan warga di masing-masing RT, RW, atau desa akan berkumpul bersama untuk memanjatkan doa untuk para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Biasanya malam tirakatan akan dibuka dengan dengan sambutan dari sesepuh atau tokoh setempat kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.

Kemudian acara selanjutnya bisa menyesuaikan dengan susunan acara yang dibuat oleh panitia, bisa diisi dengan berbagai acara kesenian tradisional dan lain sebagainya.

Nah, berikut 10 contoh sambutan ketua RT malam tirakatan 17 agustus mudah dihafal yang bisa dijadikan referensi untuk membuat pidato Anda sendiri.

Baca Juga: 70 Ucapan Dirgahayu Republik Indonesia untuk Banner 17 Agustus 2024

1. Contoh Sambutan Ketua RT Malam Tirakatan 17 Agustus

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat malam kepada seluruh warga RT 00/RW 00 yang hadir pada Malam Tirakatan ini.

Saya sebagai Ketua RW 00 merasa sangat bangga dan bersyukur dapat berdiri di depan Anda semua dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Sebagai bangsa yang merdeka, kita telah melewati berbagai rintangan dan tantangan sepanjang sejarah perjuangan kita. Melalui semangat juang dan persatuan yang teguh, kita berhasil mencapai kemerdekaan yang kita nikmati hingga saat ini.

Namun, perjalanan kita belum selesai. Kita masih memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga, memelihara, dan mengembangkan bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Malam tirakatan ini adalah momen untuk merefleksikan sejarah panjang perjuangan kita serta merenungkan bagaimana peran kita sebagai warga negara dalam memajukan Indonesia.

Mari kita tingkatkan semangat gotong royong, persatuan, dan toleransi di lingkungan kita, sehingga kita dapat mewujudkan cita-cita para pahlawan kita dalam membangun bangsa yang adil, makmur, dan bermartabat.

Semoga semangat kemerdekaan ini senantiasa membimbing langkah kita menuju masa depan yang gemilang bagi seluruh warga RW 00, bagi Desa XYZ, dan bagi Indonesia.

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Contoh Sambutan Ketua RT Malam Tirakatan 17 Agustus

Assalamualaikum Wr Wb.
Salam Sejahtera untuk kita semua,

Yang Terhormat Bapak Kepala Desa ...
Yang Terhormat Bapak Ketua RW ..., ketua panitia, dan seluruh warga RT ... yang saya hormati.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat, dan karunia-Nya, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan malam tirakatan malam ini. Selanjutnya, malam ini merupakan malam tirakatan 17 Agustus yang di mana 78 tahun yang lalu Soekarno-Hatta telah memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.

Hari ini kita bercermin memandang sejarah yang telah diperjuangkan para pahlawan dan mengapresiasi perjalanan panjang yang telah membawa kita kepada keadaan sekarang, keadaan yang sudah lepas dari penjajahan.

Kemerdekaan Indonesia ini membawa harapan dan doa bagi kita semua, Bangsa Indonesia harus merdeka, hukum harus ditegakkan secara adil sehingga tercapailah cita-cita kita menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Mari mengingat kembali peristiwa yang terjadi pada 17 Agustus 1945, tepat jam 10.00 WIB. Ir. Soekarno mengumandangkan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia sebagai berikut:

"Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia,
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dll,diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun 45
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno-Hatta"

Kemerdekaan kita ini merupakan rahmat dan anugerah dari Allah SWT terhadap perjuangan bangsa Indonesia, sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Selanjutnya, momen kemerdekaan ini mari kita gunakan untuk meningkatkan kerukunan warga. Saling membantu, menghargai, dan menciptakan lingkungan yang aman, tentram, dan nyaman.

Sekali lagi, mari kita hiasi alam kemerdekaan Indonesia dengan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat. Jangan sampai kita terpecah belah.

Demikian sambutan singkat ini, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, saya selaku manusia biasa mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Contoh Sambutan Ketua RT Malam Tirakatan 17 Agustus

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm