Apa itu Gempa Megathrust? Diprediksi BMKG Bakal Terjadi di Indonesia!

16 Agustus 2024 10:17 WIB
Ilustrasi Apa itu Gempa Megathrust? Diprediksi BMKG Bakal Terjadi di Indonesia!
Ilustrasi Apa itu Gempa Megathrust? Diprediksi BMKG Bakal Terjadi di Indonesia! ( Pixabay/Tumisu)

Sonora.ID – Potensi gempa megathrust yang diprediksi hanya 'tinggal menunggu waktu' akan mengguncang Indonesia sedang ramai dibahas di media sosial.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatolgi, dan Geofisika (BMKG), ada kekhawatiran dari ilmuwan di Indonesia terhadap munculnya gempa megathrust berkekuatan dahsyat di dua titik yaitu Megathrust Selat Sunda mencapai 8.7 Magnitudo dan Megathrust Mentawai-Siberut mencapai 8.9 Magnitudo.

Namun masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas normal seperti biasa, seperti melaut, berdagang, dan berwisata di pantai.

Sebab pembahasan mengenai potensi gempa di zona megathrust saat ini bukanlah bentuk peringatan dini (warning) yang seolah-olah dalam waktu dekat akan segera terjadi.

Melainkan, edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan potensi gempa di zona seismic gap Selat Sunda dan Mentawai-Siberut, mengingat pada 8 Agustus 2024 lalu, gempa besar bermagnitudo 7,1 menimpa kota Nankai, Jepang.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Gempa Bumi Menurut Primbon Jawa, Pertada Ada Bencana?

Wilayah Jepang yang rawan akan gempa membuat BMKG berkaca pada wilayah Indonesia, yang dikelilingi 13 zona megathrust berdasarkan peta sumber bahaya gempa (PuSGen) pada tahun 2017.

Itulah sebabnya, BMKG menyebutkan gempa megathrust yang terjadi di Nankai, Jepang juga dapat terjadi di Indonesia.

Lantas, apa itu gempa megathrust? Kemudian mana saja wilayah Indonesia berpotensi gempa megathrust? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Gempa Megathrust?

Megathrust berasal dari Kata "Mega" itu artinya besar, sedangkan kata "Thrust" berarti sesar sungkup.

Letaknya berada di perbatasan pertemuan continental crust (kerak benua) dan oceanic crust (kerak samudra).

Gempa megathrust adalah gempa bumi berukuran sangat besar yang terjadi di zona subduksi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm